Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Ancaman Nuklir Korut, AS dan Jepang serta Korsel akan Berkumpul di Camp David

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Juli 2023, 14:37 WIB
Bahas Ancaman Nuklir Korut, AS dan Jepang serta Korsel akan Berkumpul di Camp David
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kanan) berbicara dengan Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjelang pembicaraan tiga arah mereka di Hiroshima, Jepang, pada 21 Mei 2023/Net
rmol news logo Gedung Putih telah mengumumkan jadwal pertemuan antara Presiden AS Joe Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Menurut pengumuman yang disampaikan Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada Jumat (28/7), KTT trilateral akan berlangsung di Camp David pada 18 Agustus 2024.

"Pada KTT, para pemimpin akan merayakan babak baru dalam hubungan trilateral mereka saat mereka menegaskan kembali ikatan persahabatan yang kuat dan aliansi kuat antara Amerika Serikat dan Jepang, dan Amerika Serikat dan Republik Korea," kata Jean-Pierre, seperti dikutip dari Yonhap, Sabtu (29/7).

Jean-Pierre melanjutkan, secara khusus para pemimpin akan membahas ancaman yang ditimbulkan oleh program nuklir dan rudal Korea Utara yang berkembang.

"Ketiga pemimpin akan membahas perluasan kerja sama trilateral di seluruh Indo-Pasifik dan sekitarnya, termasuk untuk mengatasi ancaman berkelanjutan yang ditimbulkan oleh DPRK dan untuk memperkuat hubungan dengan ASEAN dan Kepulauan Pasifik," kata juru bicara Gedung Putih, mengacu pada Korea Utara.
"KTT akan memajukan visi trilateral bersama untuk mengatasi tantangan keamanan global dan regional, mempromosikan tatanan internasional berbasis aturan, dan memperkuat kemakmuran ekonomi," tambah Jean-Pierre.
Korea Utara meluncurkan 69 rudal balistik yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2022, menandai rekor baru untuk jumlah rudal balistik yang ditembakkan dalam setahun.

Pyongyang juga meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada akhir Mei, menandai uji ICBM ke-12 sejak awal tahun lalu.

Sementara itu, Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis AS, John Kirby mengatakan KTT itu juga akan menandai kunjungan pertama pemimpin asing ke Camp David sejak 2015.

"Pada KTT, para pemimpin akan merayakan babak baru dalam hubungan trilateral mereka dan mereka akan menegaskan kembali ikatan persahabatan yang kuat," kata Kirby dalam jumpa pers lewat telepon. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA