Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Kunjungan Menlu Portugal, Retno Puji Pertumbuhan Investasi yang Signifikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 24 Juli 2023, 15:33 WIB
Sambut Kunjungan Menlu Portugal, Retno Puji Pertumbuhan Investasi yang Signifikan
Menteri Luar Negeri Portugal, Joao Gomes Cravinho dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pada Senin, 24 Juli 2023/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyambut baik kedatangan Menlu Portugal, Joao Gomes Cravinho di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Senin (24/7).

Kunjungan itu disebut sebagai kunjungan Menlu Portugal pertama ke Indonesia dalam lebih dari satu dekade, yang akan digunakan untuk memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu kedua negara membahas beberapa hal kerja sama, salah satunya tentang investasi.

Dalam pidatonya, Menlu Retno mengungkapkan kebahagiaannya atas investasi Portugal di Indonesia yang telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.

"Investasi Portugal di Indonesia telah tumbuh sebesar 2.000 persen dari tahun 2019 hingga 2022," ujar Retno.

Angka ini mencatatkan rekor tertinggi dalam hubungan investasi kedua negara. Khususnya, investasi di sektor energi terbarukan dan ekonomi biru yang menjadi fokus pembicaraan sebagai sektor prioritas dalam kerja sama bilateral.

Selain investasi, pertemuan ini juga membahas pentingnya mempercepat penyelesaian negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dan Uni Eropa, yang disebut akan membawa manfaat besar bagi kedua negara dalam meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Salah satu poin penting lainnya yang menjadi perhatian dalam pertemuan ini adalah pertumbuhan besar dalam impor minyak sawit Indonesia oleh Portugal.  Data dari Menlu RI menunjukkan adanya peningkatan sebesar 77 persen dalam periode 2019 hingga 2022.

"Kenaikan tersebut diyakini terjadi oleh insentif dari impor turunan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel," tambah Retno.

Selanjutnya, kedua negara juga menyambut baik proyek tenaga surya terapung EDP di Duriangkang Waduk, Kepulauan Batam, dengan total nilai proyek mencapai 2 miliar dolar AS. Proyek tersebut diharapkan dapat menjadi katalisator bagi lebih banyak investasi dari Portugal dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Terakhir, Retno menuturkan bahwa Portugal dan Indonesia juga membahas terkait kolaborasi dalam sektor maritim antar kedua negara, di antaranya dalam bidang ekonomi biru, perikanan, dan pertahanan.

Selain isu bilateral, kedua Menlu itu diketahui telah membahas isu regional dan global, khususnya mengenai prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN, dan tekad Indonesia untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai wilayah perdamaian dan stabilitas.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA