Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Shri Sandeep Chakravorty Ditunjuk Jadi Dubes India untuk Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Juli 2023, 09:34 WIB
Shri Sandeep Chakravorty Ditunjuk Jadi Dubes India untuk Indonesia
Duta Besar baru India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty/Net
rmol news logo India akan mengirimkan Duta Besar baru untuk Indonesia. Shri Sandeep Chakravorty telah ditunjuk sebagai Dubes India di Jakarta berikutnya.

Ia menggantikan posisi Dubes Shri Manoj Kumar Bharti yang sudah mengakhiri tugasnya di Indonesia.

Penunjukan Dubes Chakravorty diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri India lewat situs resminya pada Jumat (21/7).

"Shri Sandeep Chakravorty, saat ini Joint Secretary di Kementerian Luar Negeri, telah ditunjuk sebagai Duta Besar India berikutnya untuk Republik Indonesia," bunyi pengumuman tersebut.

"Dia diharapkan untuk mengambil tugas segera," tambah pengumuman itu.

Dubes Chakravorty merupakan seorang diplomat karir yang sudah menjajal Kementerian Luar Negeri India sejak 1996. Ia dikenal memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan, serta diakui sebagai pemikir strategis.

Penunjukan Dubes Chakravorty dinilai penting bagi India di tengah upaya New Delhi untuk memperdalam kemitraan di kawasan Indo-Pasifik.

Ia pernah menjabat sebagai Duta Besar India untuk Peru dan Bolivia, serta Konsul Jenderal India di New York, Amerika Serikat.

Indonesia dan India telah menjalin hubungan diplomatik sejak 3 Maret 1951. Hubungan ini berkembang menjadi Kemitraan Strategis Baru pada November 2005, yang kemudian ditingkatkan lagi menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada tahun 2018.

Namun, terlepas dari hubungan diplomatik, Indonesia dan India sudah banyak berbagi sejarah, selama hampir dua ribu tahun.

Saat ini Indonesia dan India merupakan bagian dari G20. Indonesia mengambil presidensi G20 pada 2022, dan dilanjutkan oleh India pada 2023. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA