Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Toyota Kembangkan Mobil Penjelajah Bulan "Lunar Cruiser"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 24 Juli 2023, 08:42 WIB
Toyota Kembangkan Mobil Penjelajah Bulan "Lunar Cruiser"
Gambaran Lunar Cruiser yang dikembangkan Toyota/Net
rmol news logo Kendaraan penjelajah ruang angkasa Lunar Cruiser tengah dikembangkan oleh raksasa pembuat mobil Jepang, Toyota Motor Corp. bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd.

Mengutip Borneo Bulletin pada Minggu (23/7), uji coba Lunar Cruiser akan dilakukan di sebuah fasilitas penelitian dan pengembangan yang akan dibangun Toyota tahun depan.

Sementara untuk proses peluncuran ke Bulan, rencananya akan dilakukan Toyota pada 2029 mendatang.

Kepala proyek di Toyota, Ken Yamashita mengatakan kendaraan itu akan ditenagai oleh sel bahan bakar regeneratif, yang mampu diisi berulang kali menggunakan air yang diyakini berada di bulan.

"Sel bahan bakar regeneratif adalah bagian penting dari teknologi yang dapat terus menghasilkan tenaga hanya dengan sinar matahari dan air saja," jelasnya.

Yamashita berharap teknologi bahan bakar tersebut dapat dimanfaatkan di bumi.

"Toyota berharap dapat menciptakan bisnis baru dengan menggunakan sel bahan bakar di area non-ruang angkasa juga," bunyi laporan tersebut.

Lunar Cruiser diperkirakan memiliki berat sekitar 10 ton dan mampu menahan perbedaan suhu yang ekstrem di Bulan, serta beradaptasi dengan lingkungan berdebu.

Kendaraan penjelajah itu akan memiliki cukup ruang untuk dua orang tinggal selama sebulan dan memastikan eksplorasi permukaan bulan yang stabil dalam jangka panjang.

Mitsubishi Heavy saat ini sedang mengembangkan penjelajah LUPEX, sebuah kendaraan tak berawak yang dirancang untuk menyelidiki sumber daya air di bulan. Alat itu diharapkan dapat selesai pada 2025.

Lunar Cruiser Toyota rencananya akan menggunakan LUPEX Mitsubishi Heavy untuk mendeteksi air yang akan digunakan sebagai sumber bahan bakarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA