Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lukashenko Temui Putin Usai Rusia Peringatkan Kemungkinan Agresi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 Juli 2023, 13:31 WIB
Lukashenko Temui Putin Usai Rusia Peringatkan Kemungkinan Agresi
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menggelar pertemuan setelah Moskow memperingatkan Minsk terkait kemungkinan agresi.

Menurut Kremlin, keduanya akan bertemu pada Minggu (23/7), ketika Lukashenko melakukan kunjungan kerja ke Rusia. Pertemuan disebut akan membahas pengembangan kemitraan strategis dua negara.

Namun terlepas dari itu, banyak spekulasi bermunculan terkait rencana pertemuan keduanya.

Pada awal pekan ini, Reuters melaporkan, Polandia memutuskan untuk memindahkan unit militernya lebih dekat ke perbatasan dengan Belarusia sebagai tanggapan atas kepindahan pasukan tentara bayaran Grup Wagner.

Putin kemudian mengatakan bahwa Moskow akan menggunakan segala cara untuk bereaksi terhadap setiap permusuhan terhadap Minsk.

Meskipun tidak mengirim pasukannya sendiri ke Ukraina, Lukashenko mengizinkan Moskow menggunakan wilayah Belarusia untuk melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022 dan sejak itu sering bertemu dengan Putin.

Kedua negara telah mengadakan beberapa latihan militer bersama. Pada  Juni, Lukashenko mengizinkan Belarusia untuk digunakan sebagai pangkalan senjata nuklir Rusia, sebuah langkah yang dikecam secara luas oleh Barat.

Persepsi bahwa Lukashenko bergantung pada Putin untuk kelangsungan hidupnya telah mengipasi ketakutan di Kyiv bahwa Putin akan menekannya untuk bergabung dengan serangan darat baru dan membuka front baru dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Kamis (20/7), kementerian pertahanan Belarusia mengatakan tentara bayaran Grup Wagner telah mulai melatih pasukan khusus Belarusia pada jarak militer hanya beberapa kilometer dari perbatasan dengan Polandia, anggota Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA