Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdatangan Parsel Mencurigakan, Korsel Tangguhkan Penerimaan Paket dari Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Juli 2023, 20:21 WIB
Berdatangan Parsel Mencurigakan, Korsel Tangguhkan Penerimaan Paket dari Luar Negeri
Ilustrasi/Yonhap
rmol news logo Layanan Pos Korea Selatan menangguhkan sementara penerimaan paket internasional yang mencurigakan, menyusul meningkatnya kekhawatiran atas beberapa paket yang mungkin berisi bahan berbahaya.

Langkah itu dilakukan setelah banyaknya laporan yang masuk tentang munculnya paket tak dikenal dari Taiwan dalam beberapa hari terakhir.

Dilaporkan Yonhap, Jumat (21/7), satu kasus bingkisan semacam itu tiba di pusat kesejahteraan penyandang cacat di tenggara kota pelabuhan Ulsan pada Kamis. Tiga orang yang membongkar paket dilaporkan menderita pusing dan sesak napas.

Ketiga orang tersebut telah dirawat di rumah sakit dan kini dikatakan dalam kondisi stabil.

Sementara tes medis tidak segera menunjukkan apa yang menyebabkan gejala tersebut, polisi tidak mengesampingkan bahan kimia beracun yang mungkin menyebabkan infeksi.

Bingkisan tersebut telah dikirim ke Badan Pengembangan Pertahanan untuk diselidiki. Polisi mengatakan nama penerima dan nomor telepon yang tertulis di bungkusan itu tidak valid.

Pihak berwenang juga menemukan paket serupa sekitar pukul 18.00 sore pada Jumat saat memilih paket di kantor pos di kota yang sama. Petugas pemadam kebakaran dikirim ke tempat kejadian untuk menyelidiki.

Laporan serupa juga datang dari Seoul, Yongin, pinggiran kota Seoul, Pulau Jeju, Haman di Provinsi Gyeongsang Selatan dan Daejeon.

Seseorang di Jeju melaporkan kepada pihak berwenang tentang munculnya paket acak pada 11 Juli, yang dikirim dari Taiwan dan berisi dua botol plastik. Orang tersebut membuangnya, tetapi kemudian melaporkannya ke polisi pada hari Kamis setelah mendengar peristiwa paket mencurigakan di Ulsan.

Sementara itu, polisi mengatakan bingkisan asing yang terlihat di Haman dikirim dari Malaysia. Penerima telah menyimpan parsel selama sekitar dua bulan dan melaporkannya ke polisi, juga setelah mengetahui tentang peristiwa parsel Ulsan.

Pihak berwenang meminta masyarakat agar waspada jika ada kiriman paket tak dikenal dan meminta penerima untuk tidak membukanya dan malah melaporkannya ke pihak berwenang.

Mereka mengatakan warna paket tersebut bisa kuning atau hitam, dan bisa jadi ada tulisan CHUNGHWA POST di atasnya. Pengirimnya biasanya menuliskan PO Box 100561-003777, Taipei Taiwan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA