Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Jadi Tuan Rumah KTT Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 21 Juli 2023, 14:03 WIB
AS Jadi Tuan Rumah KTT Pasifik
Presiden AS, Joe Biden/Net
rmol news logo Untuk mengobati rasa bersalahnya karena gagal melakukan kunjungan ke Papua Nugini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden berencana menggelar pertemuan puncak para pemimpin negara Kepualauan Pasifik dalam waktu dekat.

Rencana itu diungkap oleh pejabat AS yang bertanggung jawab atas negosiasi dengan tiga negara Kepulauan Pasifik utama, Joseph Yun dalam sebuah pernyataan pada Kamis (20/7).

Yun belum memberikan rincian detail tentang tanggal dan tempat penyelenggaraan, tetapi diperkirakan KTT akan berlangsung bersamaan dengan rapat PBB di bulan September.

"Pertemuan puncak itu diperkirakan akan berlangsung sekitar waktu pertemuan Majelis Umum PBB di New York pada bulan September," ujarnya, seperti dimuat The Star.

Pada Mei lalu, Penasihat keamanan nasional Presiden, Jake Sullivan, mengatakan pihaknya akan mengatur penyelenggaraan KTT Pasifik di AS.

Itu dilakukan untuk menebus kekecewaan Pasifik yang disebabkan oleh batalnya kunjungan Biden ke Papua Nugini karena krisis pagu utang dalam negeri.

Tahun lalu, Biden juga menjadi tuan rumah pertemuan puncak Kepulauan Pasifik pertama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA