Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Sepakat Jual Rudal AMRAAM ke Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Juli 2023, 11:50 WIB
AS Sepakat Jual Rudal AMRAAM ke Jerman
Rudal AMRAAM/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan menjual rudal udara-ke-udara, Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM), ke Jerman dengan kesepakatan senilai 2,9 miliar dolar AS.

Departemen Luar Negeri AS dilaporkan telah menyetujui penjualan tersebut. Sementara Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon pada Rabu (19/7) mengatakan telah memberi tahu Kongres terkait persetujuan tersebut.

"Penjualan itu akan meningkatkan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS dengan meningkatkan keamanan sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang merupakan kekuatan penting bagi stabilitas politik dan ekonomi di Eropa," kata badan tersebut, seperti dimuat Reuters.

Rilis tersebut juga mencatat bahwa perjanjian tersebut akan meningkatkan kemampuan Jerman untuk memenuhi ancaman saat ini dan masa depan dengan memastikan mereka memiliki amunisi udara-ke-udara yang modern dan mumpuni.

Nantinya, Berlin akan menerima 969 AIM-120C-8 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM) dan peralatan terkait.

Pemerintahan Joe Biden telah menyetujui sejumlah kesepakatan senjata besar dengan sekutu Eropa dalam sebulan terakhir di tengah perang Rusia di Ukraina.

Di antaranya adalah kemungkinan kesepakatan senilai 605 juta dolar AS untuk menjual 250 AMRAAM ke Swedia. Penjualan itu diumumkan pada 7 Juli.

Pada hari yang sama, Pentagon juga mengungkapkan kesepakatan senilai 203 juta dolar AS untuk menjual rudal Prancis Hellfire.

Pada 30 Juni, pejabat pertahanan mengatakan Departemen Luar Negeri telah menyetujui kesepakatan potensial senilai 105 juta dolar AS untuk memodernisasi 32 jet tempur F-16 untuk Rumania. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA