Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Al Quran, Pengunjuk Rasa Swedia akan Bakar Kitab Taurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Juli 2023, 08:35 WIB
Setelah Al Quran, Pengunjuk Rasa Swedia akan Bakar Kitab Taurat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah aksi bakar Al Quran, kini beredar kabar bahwa para pengunjuk rasa di Stockholm akan membakar kitab Taurat, sebuah rencana yang dikecam Duta Besar Israel untuk Swedia Ziv Nevo Kulman.

Polisi Stockholm mengatakan kepada The National bahwa permohonan untuk berkumpul di luar kedutaan Israel pada Sabtu (15/7) pukul 13:00 waktu setempat, telah disetujui.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam keputusan Swedia yang menawarkan lampu hijau untuk demonstrasi. Ia menyebut langkah Stockholm sebagai memalukan.

“Saya mengutuk keras keputusan pihak berwenang di Swedia yang mengizinkan pembakaran buku Alkitab di depan kedutaan Israel di negara itu,” tulis Netanyahu di Twitter.

“Negara Israel menanggapi dengan sangat serius keputusan memalukan yang merusak Ruang Mahakudus orang Yahudi ini. Kitab suci semua agama harus dihormati," ujarnya.

Sementara itu Kulman menyamakan protes yang direncanakan itu dengan pembakaran buku Bebelplatz tahun 1933, ketika mahasiswa pendukung Nazi di Berlin melemparkan sekitar 20.000 buku ke api unggun karena ideologi mereka bertentangan dengan pesan mereka.

“Kata-kata tidak membunuh tetapi cenderung memicu reaksi di luar apa yang diucapkan. Api unggun buku di Bebelplatz hanyalah permulaan,” Tulis Kulman dalam sebuah opini untuk surat kabar Swedia, Expressen.

Menulis di Twitter, dia mengatakan tindakan kebencian dan tidak hormat seperti itu tidak ada hubungannya dengan kebebasan berekspresi.

Carena Skagerlind, petugas pers di Kepolisian Stockholm, mengatakan pasukan akan mengirim tim petugas ke kedutaan Israel untuk memastikan tidak ada yang terluka.

Di tengah kecaman internasional atas protes yang direncanakan, dia menekankan pembakaran kitab apapun tidak disetujui oleh polisi.

"Sangat penting untuk menunjukkan bahwa polisi tidak memberikan persetujuan untuk tindakan tersebut," katanya kepada The National.

“Kami memberikan izin untuk mengadakan pertemuan dan itulah bedanya," ujarnya.

Ditanya tentang rencana orang tersebut untuk membakar kitab suci Yahudi, dia berkata: “Kami telah memberikan izin kepada satu orang untuk mengadakan pertemuan di depan kedutaan besok, Sabtu, jam 1 siang. Tapi itu tidak berarti bahwa kita mengatakan tidak apa-apa untuk melakukan tindakan itu. Terserah orangnya," kata dia.

Permohonan, yang disetujui pada Kamis, memberikan izin kepada seseorang untuk mengungkapkan pendapat di tempat umum.

“Kami mengadakan 50 pertemuan berbeda di mana orang-orang mengungkapkan pendapat mereka di Stockholm sepanjang akhir pekan,” kata Skagerlind.

“Begitulah tampilannya di Stockholm setiap akhir pekan," ujarnya.

Dia mengatakan polisi akan hadir untuk memastikan pertemuan berlangsung tanpa gangguan.

Setelah seorang pria kelahiran Irak membakar halaman-halaman Al Quran di ibu kota Swedia pada bulan Juni, jamaah dan penduduk Muslim mengatakan bahwa mereka terkejut.

Penodaan kitab suci yang dekat dengan tempat ibadah itu mengundang kecaman internasional antara lain dari UEA, Maroko, Kuwait, dan Irak.

Paus Fransiskus bahkan mengatakan dia merasa marah dan muak dengan tindakan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA