Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dihasut Barat, Hubungan China-Rusia Makin Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 20:13 WIB
Dihasut Barat, Hubungan China-Rusia Makin Kuat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rusia dan China saling meyakinkan bahwa mereka akan terus mempertahankan hubungan baik yang selama ini terjaga.

Komitmen itu kembali terungkap saat Wang Yi, direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), bertemu dengan Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia,  baru-baru ini di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN-China di Jakarta, Indonesia.

"Dalam menghadapi perubahan besar yang tak terlihat dalam satu abad, Tiongkok dan Rusia dengan tegas mendukung satu sama lain dalam menjaga kepentingan yang sah, mengikuti jalan koeksistensi yang harmonis, kerja sama dan pembangunan yang saling menguntungkan, dan bersama-sama mempromosikan multi-polarisasi dunia dan demokratisasi hubungan internasional," catat Wang, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (14/7).

Wang meminta kedua belah pihak untuk mengikuti konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara.

"Rusia dan China telah mempertahankan pertukaran tingkat tinggi. Pertemuan sukses antara kedua kepala negara tahun ini telah menyuntikkan dorongan kuat ke dalam hubungan bilateral," kata Lavrov.

Dia mencatat bahwa pihak Rusia bersedia bekerja sama dengan pihak China untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara.
 
"Rusia juga bersedia mempromosikan proses multipolarisasi di dunia, menentang semua kekuatan dan hegemoni, serta bersama-sama mendukung sentralitas ASEAN," ujar Lavrov.

Pertemuan keduanya terjadi di tengah laporan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke China dalam tahun ini, yang menurut para ahli menunjukkan rasa saling percaya yang tumbuh meskipun ada upaya Barat untuk menyebarkan perselisihan antara kedua belah pihak, dan bahwa perjalanan itu diharapkan menghasilkan lebih banyak kerja sama pragmatis bilateral.

Sehari sebelum pertemuan Wang dan Lavrov, Kremlin telah mengkonfirmasi pada Rabu bahwa kunjungan Putin ke China telah menjadi agenda, dan Kremlin mencatat bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk mempertahankan dinamika tinggi dalam pengembangan hubungan antara Rusia dan China.

"Tanggal pasti perjalanan Putin akan diumumkan setelah selesai," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Peskov mengatakan bahwa selama perjalanan Putin ke China yang diharapkan, kedua presiden akan fokus pada perdagangan bilateral dan kerja sama ekonomi dan pada isu-isu global.

Mantan Duta Besar Rusia untuk China Andrey Denisov mengatakan pada Selasa bahwa pihak China bersiap-siap untuk kunjungan presiden Rusia pada bulan Oktober untuk berpartisipasi dalam Forum Sabuk dan Jalan Ketiga.

Yang Jin, seorang peneliti rekanan di Institut Studi Rusia, Eropa Timur, dan Asia Tengah di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok mengatakan bahwa, saat ini, baik China maupun Rusia sedang menghadapi lingkungan internasional yang kompleks dengan latar belakang situasi keamanan yang memburuk, dengan ketegangan yang meningkat baik di kawasan Eurasia maupun Asia-Pasifik dan menimbulkan tantangan serius bagi kedua negara.

"Secara ekonomi, ada juga kebutuhan mendesak bagi China dan Rusia untuk bekerja sama ketika ekonomi dunia menjadi lebih tidak stabil dan rapuh di era pasca pandemi," kata Yang.

Yang menekankan bahwa kemitraan strategis koordinasi komprehensif China-Rusia untuk era baru adalah hubungan jangka panjang yang mapan yang tidak akan terpengaruh oleh isu-isu hari ini, dan tidak terlibat dalam aliansi politik atau militer atau konfrontasi melawan pihak ketiga.

"Setelah krisis Ukraina, Barat yang dipimpin AS telah mencoba memaksa China secara moral untuk menekan Rusia. Namun, paksaan ini telah gagal. Ini mencerminkan kemajuan dalam tingkat saling percaya antara kedua belah pihak," kata Li Yongquan, direktur Penelitian Pembangunan Sosial Eurasia di Pusat Penelitian Pembangunan Dewan Negara.

Masalah Ukraina kemungkinan akan menjadi agenda kunjungan Putin yang diharapkan, kata para ahli, dan China akan terus melakukan upaya untuk mempromosikan perdamaian dan dialog karena, mengingat situasi saat ini, akan sulit untuk menyelesaikan masalah ini jika proposal China untuk perdamaian solusi tidak diikuti. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA