Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN Ajak Korsel Bantu Percepat Transformasi Digital di Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 13 Juli 2023, 16:58 WIB
ASEAN Ajak Korsel Bantu Percepat Transformasi Digital di Kawasan
Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Korea Selatan di Jakarta pada Kamis, 13 Juli 2023/Ist
rmol news logo Sebagai negara yang memiliki keunggulan di bidang inovasi digital, Korea Selatan merupakan mitra penting bagi ASEAN untuk mempercepat transformasi digital di kawasan.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi sebagai Ketua ASEAN selama pertemuan Menlu ASEAN dengan Menlu Korea Selatan, Park Jin di Jakarta pada Kamis (13/7).

Dalam paparannya, Retno menyoroti dua area kerja sama yang perlu didorong antara ASEAN dan Korea Selatan, khususnya menjelang 35 tahun hubungan keduanya pada tahun depan.

Pertama, Retno menekankan pentingnya mempercepat pengembangan infrastruktur digital di ASEAN.

"Sebagai raksasa di bidang inovasi digital, Korea Selatan dapat membantu pembangunan ASEAN di sektor ini, termasuk dengan mendukung pelaksanaan ASEAN-Indo-Pacific Forum: Implementation of the AOIP," kata Retno.

Menurut Retno, kolaborasi ini penting, terlebih pertumbuhan ekonomi ASEAN tahun diproyeksikan mencapai 4,7 persen. Untuk itu, investasi infrastruktur untuk transformasi digital diperlukan, khususnya dalam sektor komunikasi, perbankan, dan pembayaran digital.

Area kerja sama kedua yang disorot Retno merupakan komitmen terhadap perdamaian dan stabilitas jangka panjang di kawasan.

Dalam hal ini, Retno mengatakan perkembangan di Semenanjung Korea menjadi keprihatinan bagi kawasan, dengan keberadaan senjata nuklir yang sangat berbahaya.

"ASEAN berkomitmen untuk menumbuhkan budaya dialog dan paradigma kolaborasi dengan memanfaatkan semua platform yang ada di ASEAN, seperti ASEAN Regional Forum (ARF)," jelas Retno.

Dalam rangka memperingati 35 tahun hubungan ASEAN dan Korea Selatan, kedua belah pihak akan meluncurkan Kemitraan Strategis Komprehensif.

Pada pertemuan tersebut, negara-negara ASEAN menyambut baik Korean-ASEAN Solidarity Initiative (KASI) yang menggarisbawahi sentralitas ASEAN, memperkuat kerja sama strategis pada bidang politik dan keamanan, dan eksplorasi kerja sama infrastruktur digital dan perubahan iklim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA