Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Berlanjut, Peru Perpanjang Keadaan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 13 Juli 2023, 06:45 WIB
Protes Berlanjut, Peru Perpanjang Keadaan Darurat
Aksi protes di Peru/Net
rmol news logo Pemerintah Peru telah memperpanjang keadaan darurat selama 30 hari untuk menghadapi gelombang protes baru yang diperkirakan akan dimulai pada pekan depan.

Perpanjangan keadaan darurat ini diumumkan oleh Perdana Menteri Alberto Otarola pada Rabu (12/7), seperti dimuat Al Arabiya.

Dengan keadaan darurat, Otarola mengatakan, pemerintah menangguhkan hak-hak tertentu, termasuk kebebasan bergerak. Namun langkah ini akan membantu menjaga jalan tetap terbuka saat Peru merayakan liburan kemerdekaan akhir bulan ini.

Keadaan darurat akan berlaku di wilayah selatan Peru Apurimac, Cusco dan Arequipa, yang merupakan rumah bagi koridor pertambangan selatan yang akan ditempatkan di bawah kendali tentara dan polisi.

Koridor pertambangan adalah kunci untuk mengangkut tembaga dari beberapa tambang terpenting di negara itu, termasuk Las Bambas, yang merupakan salah satu tambang tembaga terbesar di dunia dan dimiliki oleh MMG Ltd China.

Protes mencengkeram Peru sejak akhir tahun lalu setelah mantan Presiden Pedro Castillo digulingkan dan ditahan ketika dia secara ilegal berusaha membubarkan Kongres. Saat ini Castillo masih dipenjara, sementara wakilnya, Dina Boluarte, menjabat sebagai presiden.

Aksi protes meluas, termasuk dengan memblokade jalan raya selama berminggu-minggu sehingga mengganggu rute pasokan penting.

Kelompok dan serikat politik sayap kiri telah mengumumkan putaran baru protes akan dimulai pada 19 Juli, dengan niat untuk berkumpul di ibu kota Lima. Mereka menyerukan pengunduran diri Boluarte, penutupan Kongres, konstitusi baru, dan pemilihan awal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA