Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG Korsel Peringatkan Datangnya Hujan Lebat, Warga Diminta Berhati-hati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Juli 2023, 22:39 WIB
BMKG Korsel Peringatkan Datangnya Hujan Lebat, Warga Diminta Berhati-hati
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan cuaca Korea Selatan telah mengeluarkan peringatan akan turun hujan lebat untuk wilayah metropolitan Seoul dan kota pelabuhan selatan Busan, serta sebagian besar wilayah lain di negara itu pada  Selasa (11/7) waktu setempat.

Dalam pemberitahuannya, Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengatakan bahwa wilayah metropolitan Seoul akan mendapatkan curah hujan hingga 180 mm hingga Rabu (12/7) dan curah hujan per jam mungkin melebihi 70 mm pada Selasa malam hingga Rabu pagi.

"Hujan deras 30 hingga 60 mm per jam, disertai angin kencang, guntur dan kilat, akan melanda banyak wilayah tengah dan selatan hingga Rabu pagi," kata KMA, seperti dikutip dari Yonhap.

Peringatan hujan lebat dikeluarkan ketika curah hujan diperkirakan mencapai lebih dari 90 mm selama tiga jam atau 180 mm selama 12 jam.

Di Icheon, sekitar 60 kilometer tenggara Seoul, hujan lebat 64,5 mm turun per jam, dan seorang pria berusia 70-an meninggal setelah tersapu air banjir saat berjalan di sepanjang sungai di Yeoju0, di mana curah hujan per jam mencapai 59,5 mm.

Curah hujan per jam juga mencapai 53,5 mm di distrik Bupyeong Incheon, tepat di sebelah barat Seoul.

Di tempat lain di negara itu, otoritas penyelamat dibanjiri laporan tentang pohon yang tumbang, banjir, serta kerusakan lain yang terkait dengan hujan monsun yang lebat.

KMA juga menyarankan warga yang terkena dampak peringatan hujan lebat untuk berhati-hati terhadap banjir dan kecelakaan lainnya, dan bersiap menghadapi serentetan hujan deras yang bisa mengganggu penglihatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA