Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Universitas Negeri Malang Gelar Pengabdian Masyarakat untuk WNI di Brunei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 09 Juli 2023, 14:16 WIB
Universitas Negeri Malang Gelar Pengabdian Masyarakat untuk WNI di Brunei
Foto bersama Pengabdian Kemitraan Luar Negeri (PKLN) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang di Brunei Darussalam/Ist
rmol news logo Sebagai bagian dari pengamalan Tri Dhama Perguruan Tinggi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan pengabdian masyarakat di Brunei Darussalam.

Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UM, Nur Eva dan Alumni Fakultas Psikologi UM, Psikolog Sri Andayani menjadi perwakilan UM untuk menggelar rangkaian pengabdian yang didekasikan untuk WNI di Brunei mulai tanggal 4 hingga 10 Juli 2023.

Wadek Psikologi UM menjelaskan bahwa Kegiatan Masyarakat, dengan skema Pengabdian Kemitraan Luar Negeri (PKLN) terlaksana melalui kerja sama UM dengan KBRI Bandar Seri Begawan dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI).   

Selama di Brunei, kata Eva, terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi orang tua dalam upaya mengoptimalkan potensi anak-anak mereka.

"Kami melakukan kegiatan Asesmen Kognitif terhadap Anak Usia Sekolan dan Konseling Hasil Asesmen Kognitif, kemudian Workshop Parenting sebagai upaya mengoptimalkan potensi anak,” ungapnya, dalam sebuah pernyataan yang diterima redaksi pada Minggu (9/7).

Menurut psikolog Sri Andayani, tercatat lebih dari 25 anak WNI berusia 8 hingga 15 tahun melakukan tes asesmen kognitif. Para orang tuanya juga melakukan konseling secara bergiliran berdasarkan hasil asesmen tersebut.

"Hasil asesmen kognitif pada usia anak bukan harga mati, tetapi merupakan informasi awal untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak,’ ujarnya.

Selain itu, kata Sri, lebih dari 75 WNI antusias menghadiri Parenting Workshop untuk mendengarkan penjelasan mengenai pola  asuh anak yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan, Irwan Iding, menyambut baik dan sangat mengapresiasi upaya dua psikolog UM tersebut.

“Diharapkan kegiatan pengabdian itu dapat dilakukan berkesinambungan, sehingga semakin banyak anak-anak Indonesia usia sekolah di Brunei memperoleh kesempatan untuk melakukan tes asesmen kognitif,” kata Iding dalam sambutannya.

Sementara itu, Presiden PERMAI Mukhidin Umar mendukung penuh kegiatan UM yang sangat bermanfaat sekali bagi WNI di Brunei.

"Banyak warga yang merasa senang, dan menyatakan manfaat langsung  dari kegiatan UM di Brunei," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA