Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan Ulang Tahun Pernikahan ke-77, Jimmy Carter dan Rosalynn Jadi Pasangan Menikah Terlama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 14:30 WIB
Rayakan Ulang Tahun Pernikahan ke-77, Jimmy Carter dan Rosalynn Jadi Pasangan Menikah Terlama
Mantan presiden AS yang saat ini berusia 98 tahun, Jimmy Carter bersama isterinya Rosalynn/Nett
rmol news logo Suasana tenang mewarnai perayaan ulang tahun pernikahan ke-77 mantan presiden AS Jimmy Carter dan Rosalynn, yang dirayakan secara sederhana di rumah mereka di Georgia selatan, Jumat (7/7) waktu setempat.

Menikah pada 7 Juli 1946 di kampung halaman mereka di Plains, Presiden AS ke-39 berusia 98 tahun dan mantan ibu negara berusia 95 tahun itu memperpanjang rekor mereka sebagai pasangan pertama yang paling lama menikah.

Sewaktu muda, pasangan itu pada dasarnya tumbuh bersama sebab keluarga mereka berteman dekat.

Mereka meninggalkan Plains sejak Carter lulus dari Akademi Angkatan Laut AS.  Kemudian, pasangan itu segera kembali setelah mereka mewarisi bisnis pertanian dan gudang keluarga Carter.

Selama bertahun-tahun, pasangan itu menjalankan bisnis bersama dan bekerja berdampingan untuk membangun karier politik Carter.

Rosalynn mengatakan suaminya sering meminta nasihatnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, dan Carter menggambarkan istrinya jauh lebih politis dari dirinya.

Keduanya bersama-sama berada di panggung Amerika dan internasional selama setengah abad. Pasangan itu  mendirikan Carter Center setahun setelah Carter meninggalkan Gedung Putih pada tahun 1981.

Melalui Carter Center, Carter melakukan beberapa misi diplomatik. Ia bersama karyawan memantau setidaknya 114 pemilu di seluruh Asia, Afrika, dan Amerika sejak 1989, seperti dikutip dari Associated Press.

Di luar Carter Center, pasangan itu menjadi sukarelawan paling terkenal untuk Habitat for Humanity, organisasi internasional yang membangun, memperbaiki, dan merenovasi rumah untuk orang berpenghasilan rendah.

Keduanya selalu bersama, saling memuji pernikahan panjang mereka dengan komunikasi terbuka dan iman Kristen mereka yang sama.

“Setiap hari perlu ada rekonsiliasi,” kata mantan presiden itu kepada AP pada tahun 2021.

“Kami tidak tidur dengan perbedaan yang tersisa di antara kami," ujarnya.

Keluarga Carter belum memberikan perincian tentang kondisi medis pasangan itu, di mana mantan presiden telah dirawat di rumah sakit sejak Februari dan istrinya menderita demensia. Meskipun demikian, keluarga mengatakan mereka berdua menikmati waktu berdua dengan bahagia.

Anak dan cucu memuji keharmonisan pasangan itu. Jason Carter, salah satu cucu pasangan tersebut mengatakan, “Kami melihat kembali warisan mereka, sungguh luar biasa melihat curahan dukungan, rasa hormat, dan cinta,” katanya .

"Kata cinta itu benar-benar yang mendefinisikan hubungan pribadi mereka, tetapi juga cara mereka mendekati dunia ini," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA