Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes RI untuk Spanyol Terkesan dengan Kekayaan Sejarah Kota Salamanca

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 09:57 WIB
Dubes RI untuk Spanyol Terkesan dengan Kekayaan Sejarah Kota Salamanca
Duta Besar RI untuk Spanyol saat berada di kota Salamanca/YouTube Wisma Duta RI Madrid
rmol news logo Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib  mengapresiasi kekayaan sejarah dan arsitektur kota Salamanca yang luar biasa.

Dalam kunjungannya ke kota yang mulai terlupakan ini, Dubes Najib terkesan dengan bangunan-bangunan tua yang memiliki arsitektur yang kental dengan gaya Romawi yang masih berdiri kokoh di kota itu hingga kini.

Salah satu hal yang menarik perhatian Dubes Najib adalah Universitas Salamanca, yang didirikan pada tahun 1218 dan menjadi universitas tertua di Spanyol dan di kawasan Eropa.

"Di samping seluruh kota ini yang sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, di sini juga terdapat universitas tertua, Universidad de Salamanca  yang sangat menarik, karena bangunan tuanya masih berdiri kokoh, dan masih terpelihara sampai sekarang," ujar Dubes Najib.

Dalam penjelasannya di akun YouTube Wisma Duta RI Madrid, Najib menuturkan bahwa  universitas itu didirikan pada awal abad ke-13 saat Spanyol sedang dalam proses merebut wilayahnya dari Islam.

"Sejak saat itu, universitas ini (Salamanca) kemudian menjadi pusat keilmuan yang mengambil alih dominasi ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi modern dari umat Islam dan Yahudi yang sebelumnya mendominasi kehidupan intelektual di kawasan tersebut," jelas Najib, saat menyoroti sejarah kota tersebut.

Dalam kunjungannya ke Salamanca, Duta Besar Najib juga melihat berbagai peninggalan sejarah yang menarik lainnya dari kota itu. Meskipun pengaruh Islam di kota ini terbatas, namun pengunjung disebut masih dapat melihat jejak sejarah dari masa-masa di kawasan itu, yang menjadi daya tarik dan bagian penting dari perkembangan budaya dan sejarah Salamanca.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA