Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Ancaman Aljazair, Maroko Pesan Tank Merkava dari Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 02:22 WIB
Antisipasi Ancaman Aljazair, Maroko Pesan Tank Merkava dari Israel
Tank Merkava Israel/Net
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan kekuatan militer, Maroko berencana membeli banyak tank Merkava buatan Israel.

Pejabat pertahanan Israel, Yair Koles, pada Kamis (6/7) mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir kedua negara telah berkomunikasi terkait jual beli tank Merkava, tanpa menyebut jumlahnya.

"Tank Merkava yang dipesan Maroko telah disiapkan oleh militer Israel. Jika jual beli tank ini sukses terjadi, maka Maroko akan menjadi pihak asing pertama yang membeli tank tersebut," kata Koles, seperti dimuat The Defense Post.

Menurut Koles, transaksi pembelian tank Merkava bukan sekedar jual beli biasa, tapi juga sekaligus memperkuat hubungan diplomatik antara dua negara.

Spesifikasi tank Merkava ini terbilang canggih. Dilengkapi dengan meriam smooth-bore 120 milimeter yang kuat, tank ini disebut mampu menghancurkan tank era soviet dari berbagai jarak tempur.

Tidak hanya itu, Merkava juga dilengkapi dengan sistem identifikasi dan peringatan ancaman elektromagnetik yang canggih.

Mesin yang termuat di versi Merkava terbaru adalah mesin diesel 1.500hp, mewakili peningkatan tenaga 25 persen dari pendahulunya.

Menurut beberapa pengamat, alasan Maroko membeli tank canggih dan kuat dari Israel ini adalah untuk memperkuat pertahanan perbatasan dari ancaman militer Aljazair.

Seperti diketahui wilayah Rabat beberapa kali telah menerima ancaman dari Aljazair selama bertahun-tahun terakhir. Ini terjadi setelah putusnya hubungan diplomatik kedua negara pada Agustus 2011. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA