Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakamla RI Resmi Buka Patroli Terkoordinasi Optima Malindo-30A 2023 dengan Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 01:12 WIB
Bakamla RI Resmi Buka Patroli Terkoordinasi Optima Malindo-30A 2023 dengan Malaysia
Pembukaan Patroli Terkoordinasi Operasi Tindak Maritim Malaysia-Indonesia (Optima Malindo) 30A pada Kamis, 6 Juli 2023/Ist
rmol news logo Dalam rangka memperkuat keamanan laut kedua negara, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) secara resmi membuka Patroli Terkoordinasi Operasi Tindak Maritim Malaysia-Indonesia (Patkor Optima Malindo) 30A pada Kamis (6/7).

Acara peresmian ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Indonesia, Laksma Bakamla Friche Flack, M.Tr. Opsla, dan Ketua TPOM Malaysia, Laksda Maritim Aminuddin Bin Hj Abdul Rashid, di Batam, Kepulauan Riau.

Patkor Optima Malindo-30A ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi dalam pelaksanaan patroli maritim di perbatasan laut kedua negara sesuai dengan daerah atau sektor operasi yang telah ditentukan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara personel penegak hukum di laut dari kedua negara serta memastikan pentingnya koordinasi dan kerja sama dalam menjalankan operasi tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua TPOM Indonesia menyampaikan harapannya agar kegiatan Patkor Optima ini dapat berjalan dengan sukses, memberikan hasil yang optimal bagi kedua negara, serta dapat memperkuat silaturahmi kedua negara tetangga itu, terutama TPOM Malindo.

"Saya berpesan kepada komandan unsur, agar bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan Patkor Optima ini dengan penuh dedikasi, menjaga keamanan personel dan materiil, mengikuti seluruh pedoman dan SOP yang berlaku, serta menjaga kekompakan antar unsur Patkor Optima," ujarnya.

Dalam melaksanakan Patkor Optima Malindo-30A, beberapa aset patroli dari instansi terkait telah dilibatkan , di antaranya aset patroli dari Bakamla RI KN Belut Laut-406, KRI Alamang 644 yang dimiliki oleh TNI AL, KP Hiu 17 yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), serta beberapa aset patroli dari instansi maritim Malaysia seperti KM Marudu-3222 yang dimiliki oleh APMM, PA 50, dan PA 51 yang dimiliki oleh Polis Marin.

Setelah acara tersebut dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan terhadap aset-aset patroli tersebut yang saat ini tengah berlabuh di Pelabuhan Batam.

Kegiatan ini menandai dimulainya Patkor Optima Malindo-30A yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi positif bagi keamanan maritim kedua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA