Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Desak SCO Berikan Status Keanggotaan Penuh untuk Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 19:59 WIB
Putin Desak SCO Berikan Status Keanggotaan Penuh untuk Belarusia
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Rusia kembali menyatakan harapannya agar Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) memberikan status keanggotaan penuh kepada Belarusia secepat mungkin.

Hal itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan puncak online virtual organisasi tersebut, Selasa (4/7).

Putin yang hadir secara virtual mengatakan kepada para pemimpin SCO bahwa aksesi Belarus akan berdampak positif pada kegiatan organisasi. Saat ini, Belarus hanya memiliki status pengamat dalam organisasi tersebut.

Dia mencatat bahwa Iran menyelesaikan proses keanggotaan SCO dalam dua tahun dan menekankan perlunya mempertimbangkan aplikasi lain untuk keanggotaan dalam organisasi tersebut.

"Otoritas dan pengaruh asosiasi kami terus menguat, dan minat terhadap aktivitasnya dari negara lain dan struktur internasional semakin meningkat," kata Putin, seperti dikutip dari AFP.

"Banyak dari mereka berusaha untuk membangun dialog yang setara dengan SCO dan sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk bergabung dengan pekerjaannya. Mereka percaya kami, mereka ingin berteman dan bekerja sama dengan kami," katanya.

Putin juga menekankan reformasi SCO untuk bergerak maju, memuji kepemimpinan India di SCO, dan berterima kasih kepada Perdana Menteri Narendra Modi karena telah menyelenggarakan KTT tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA