Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Utang Negara Barat Bisa Picu Krisis Keuangan Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 17:52 WIB
Putin: Utang Negara Barat Bisa Picu Krisis Keuangan Global
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Dunia saat ini terancam krisis keuangan global baru, penyebabnya akumulasi utang yang tidak terkendali yang dilakukan oleh negara-negara Barat.

Begitu menurut Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara pada KTT virtual Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) ke-23 yang dipimpin Perdana Menteri India Narendra Modi, Selasa (4/7).  

“Risiko krisis ekonomi dan keuangan global baru meningkat dengan latar belakang akumulasi utang yang tidak terkendali di negara-negara maju, stratifikasi sosial dan meningkatnya kemiskinan di seluruh dunia, serta memburuknya ketahanan pangan dan lingkungan,” kata Putin yang hadir melalui tautan video dari Moskow, seperti dikutip dari RT.

Dia menekankan bahwa masing-masing masalah ini kompleks dan beragam dengan caranya sendiri, tetapi jika digabungkan, mereka telah memicu ketegangan di seluruh dunia.  

Bulan lalu, Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Rusia, Aleksey Mozhin, memperingatkan bahwa ekonomi Barat berada dalam kondisi kritis karena tingginya tingkat utang publik.

Dia menuduh negara-negara kaya menerapkan kebijakan anggaran dan moneter yang tidak bertanggung jawab selama bertahun-tahun, yang akhirnya memicu krisis utang saat ini.   

Menurutnya, Inggris dan hampir semua negara UE menghadapi tingkat utang yang signifikan, termasuk Prancis, Spanyol, Portugal, Yunani, dan Italia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA