Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantah Rumor Sakit Parah, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Muncul di Instagram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 03:39 WIB
Bantah Rumor Sakit Parah, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Muncul di Instagram
Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov (kiri) dan sekutunya, Adam Delimkhanov/Net
rmol news logo Di tengah desas-desus gangguan kesehatan yang serius, pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov muncul dalam sebuah video yang diunggah di Instagram. Tidak sendiri, ia didampingi sekutu dekatnya Adam Delimkhanov, anggota parlemen Rusia dari Chechnya.

Dalam video berdurasi tiga menit yang diunggah Minggu (2/7), Kadyrov terlihat duduk di samping Delimkhanov di meja makan.

"Kami menjalani hidup kami, perlahan tapi pasti," kata pemimpin Chechnya dalam video, seperti dilaporkan Moscow Times, Senin (3/7).

“Kami ingin memberi tahu semua setan dan penggosip – Akhmat (sapaan untuk Kadyrov) kuat, Allah Maha Besar,” kata Delimkhanov, seraya menunjukkan  tanggal di ponselnya yaitu 2 Juli, seolah memastikan video itu dibuat di hari itu juga.

Tak hanya di Instagram, Delimkhanov kemudian menulis di aplikasi perpesanan Telegram bahwa Kadyrov sehat dan penuh energi serta berolahraga secara teratur.

Video itu muncul di tengah laporan yang belum dikonfirmasi oleh blogger oposisi Chechnya bahwa Kadyrov sakit parah.

Kesehatan pria berusia 46 tahun, yang telah memerintah Chechnya dengan tangan besi sejak 2007, telah menjadi bahan spekulasi dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Maret 2023, sebuah artikel di surat kabar Jerman Bild mengklaim dia telah memanggil seorang spesialis dari UEA untuk mengobati kondisi ginjal yang serius, yang diduga akibat dari percobaan pembunuhan melalui racun.

Kadyrov menepis klaim tersebut dan bersikeras bahwa dia dalam keadaan sehat.

Sementara itu, Delimkhanov juga menjadi bahan rumor menyusul laporan media pada bulan Juni bahwa dia terluka di Ukraina. Kadyrov pada saat itu membantah laporan tersebut dan mengatakan anggota parlemen itu hidup dan sehat dan bahkan tidak terluka.

Namun, belum ada akun yang diverifikasi secara independen tentang keberadaan Delimkhanov sejak 14 Juni. Dalam video Instagram hari Minggu, baik Kadyrov maupun Delimkhanov tidak menunjukkan tanda-tanda cedera atau sakit.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA