Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disindir Obama Soal Perlindungan Minoritas, India Meradang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 Juni 2023, 06:16 WIB
Disindir Obama Soal Perlindungan Minoritas, India Meradang
Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman/Net
rmol news logo Komentar Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tentang kedatangan Perdana Menteri Narendra Modi pekan lalu, mendapat kecaman keras dari Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman pada Senin (26/6).

Sitharaman mengaku kaget karena Obama tiba-tiba membuat pernyataan sensitif tentang perlindungan minoritas Muslim di India, bertepatan dengan kunjungan Modi yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan.

Menkeu India itu menyebut Obama sebagai orang munafik, karena tidak berkaca pada banyaknya kejahatan yang telah dirinya lakukan selama menjabat sebagai Presiden AS.

"Dia mengomentari tentang kondisi Muslim India. Padahal selama memimpin AS, dia telah membom negara-negara mayoritas Muslim dari Suriah hingga Yaman," kata Sitharaman, seperti dimuat The Star.

Obama sempat memberikan komentarnya tentang kunjungan Modi di AS. Dia mengatakan bahwa masalah perlindungan minoritas Muslim India layak diangkat dalam pertemuan dengan Presiden Joe Biden.

"Tanpa perlindungan seperti itu maka India yang mayoritas masyarakatnya adalah umat Hindu akan terpecah," kata Obama pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Biden mengaku telah membahas isu HAM dan nilai-nilai demokrasi dengan Modi selama pertemuan mereka di Gedung Putih.

Dalam kesempatan itu, Modi juga mengklarifikasi bahwa tidak ada diskriminasi yang dilakukan oleh umat Hindu terhadap kaum minoritas selama dirinya memimpin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA