Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suhu Beijing Sentuh 40 Derajat Celcius untuk Pertama Kalinya Sejak 2014

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 22 Juni 2023, 15:44 WIB
Suhu Beijing Sentuh 40 Derajat Celcius untuk Pertama Kalinya Sejak 2014
Ilustrasi/Net
rmol news logo Gelombang panas ikut dirasakan oleh penduduk China, khususnya bagian utara. Bahkan ibukota Beijing mencatat lonjakan suhu hingga menyentuh di atas 40 derajat Celcius pada Kamis (22/6).

Mengutip Channel News Asia, stasiun cuaca di pinggiran selatan Beijing mencatat suhu 40,1 derajat Celcius pada 13.25 waktu setempat. Ini adalah pertama kalinya Beijing melaporkan suhu di atas 40 derajat Celcius sejak 29 Mei 2014.

Otoritas setempat juga telah mengeluarkan peringatan oranye, atau tertinggi kedua, sembari memperingatkan bahwa suhu bisa naik hingga 39 derajat Celcius di sebagian besar kota hingga akhir pekan.

China sendiri memiliki sistem peringatan cuaca berkode warna empat tingkat, dengan warna merah yang paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

Peringatan oranye dikeluarkan ketika suhu maksimum melebihi 40 derajat Celcius dalam satu hari, atau suhu maksimum tetap di atas 37 derajat Celcius selama dua hari berturut-turut.

Sejak pekan lalu, Beijing, Tianjin, Hebei, dan Shandong di China utara dilanda gelombang panas. Hal itu mendorong otoritas lokal untuk meningkatkan upaya melindungi tanaman, memastikan keselamatan wisatawan, dan menangguhkan pekerjaan di luar ruangan selama suhu tinggi.

Pekan lalu, biro cuaca nasional mengeluarkan peringatan untuk sengatan panas, hampir dua minggu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya, karena rekor suhu baru untuk bulan Juni menyerang kota-kota di seluruh China utara.

Di kota pelabuhan Tianjin, peningkatan permintaan untuk AC mendorong beban jaringan listriknya menjadi 14,54 juta kilowatt pada 15 Juni, naik 23 persen dari tahun sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA