Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pererat Hubungan dengan Joe Biden, Modi Tiba di Washington dalam Kunjungan Kenegaraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 07:20 WIB
Pererat Hubungan dengan Joe Biden, Modi Tiba di Washington dalam Kunjungan Kenegaraan
Ibu Negara AS Jill Biden dan Perdana Menteri India Narendra Modi mengunjungi National Science Foundation di Alexandria, Virginia, AS, 21 Juni 2023/Reuters
rmol news logo India dan Amerika Serikat (AS) akan memulai untuk memperluas lagi kerja sama di berbagai bidang, dengan kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Washington pada Rabu (21/6), yang menandai perbaikan hubungan kedua negara.

Modi disambut dengan upacara seremonial di mana lagu kedua negara dikumandangkan.

Di Twitter, Modi mengungkapkan keharuannya. "Mencapai Washington DC. Kehangatan komunitas India dan restu dari Indra Devta menjadikan kedatangan ini semakin istimewa," katanya.

Kunjungan Modi menjadi fokus para politisi, mengingat sebelumnya Modi pernah menolak permintaan visa para anggota panel AS yang berusaha meninjau praktik kebebasan beragama di negara itu. Namun, saat ini Modi menjadi tamu kehormatan dan mitra penting AS.

Di hari pertama di Washington, Modi mengunjungi National Science Foundation di Virginia bersama Ibu Negara Jill Biden. Dia datang sedikit terlambat dan menyampaikan permintaan maaf, seperti dilaporkan Reuters.

Kunjungan ke Virginia adalah bagian dari rencana pemerintahnya untuk menjadikan dekade ini sebagai "dekade teknologi" dan inisiatif yang diambil untuk memberdayakan wirausahawan muda.

Modi juga dijadwalkan menghadiri makan malam dengan keluarga Biden di Gedung Putih. Kemudian agenda selanjutnya adalah menghadiri serangkaian pertemuan dengan kelompok pemimpin industri.

Para pejabat AS menunjukkan bahwa fokus utama perjalanan Modi adalah keamanan, teknologi, perdagangan, dan kerja sama orang-ke-orang. Kesepakatan baru diharapkan antara lain untuk pertahanan, semikonduktor, luar angkasa, pendidikan tinggi, dan visa.

Kedua negara masih menghadapi tantangan, mulai dari hambatan birokrasi hingga ketegangan perdagangan. Tetapi hambatan ini tidak mencegah hubungan mereka semakin dalam dalam waktu yang relatif singkat — sebuah kenyataan yang ingin diakui Biden melalui kunjungan kenegaraan.

John Kirby, Koordinator Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan bahwa kunjungan Modi akan memperkuat komitmen bersama kedua negara untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Juga untuk tekad bersama meningkatkan kemitraan teknologi strategis, termasuk dalam bidang pertahanan," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA