Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terkubur Selama 2.300 Tahun, Patung Gajah Buddha Akhirnya Ditemukan di Odisha India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 21 Juni 2023, 15:49 WIB
Terkubur Selama 2.300 Tahun, Patung Gajah Buddha Akhirnya Ditemukan di Odisha India
Patung gajah Buddha yang ditemukan oleh para arkeolog dari Indian National Trust for Art and Cultural Heritage (INTACH)/Net
rmol news logo Artefak kuno bersejarah yang memiliki kaitan erat dengan napak tilas agama Buddha di India, berhasil ditemukan oleh para arkeolog dari Indian National Trust for Art and Cultural Heritage (INTACH).

Mengutip ANI News pada Rabu (21/6), INTACH berhasil menemukan patung gajah Buddha yang diukir dari bongkahan batu dan telah terkubur di dalam tanah selama 2.300 tahun lalu.

Artefak yang megah tersebut memiliki tinggi sekitar 1 meter dan ditemukan di Sungai Daya, Odisha, India.

"Ini merupakan bukti bahwa pengikut agama Buddha pernah tinggal di wilayah tersebut selama masa pemerintahan Kaisar Ashoka," ungkap INTACH.

Lokasi penemuan patung gajah di Odisha berdekatan dengan beberapa artefak jaman kuno yang baru-baru ini ditemukan para ilmuwan di wilayah Dhauli.

Tim INTACH, yang dipimpin oleh Dhir dan rekannya Deepak Nayak, berencana menggali daerah tersebut untuk mengungkapkan lebih jauh tentang budaya dan agama kuno yang pernah menyelimuti lembah sungai Odisha.

Saat ini, Buddha merupakan minoritas di India, tetapi semangat ajarannya tentang kedamaian, dan kebijaksanaan selalu bergema secara mendalam.

Ajaran Budha pernah tersebar secara luas hingga ke Pakistan, Afghanistan, Bhutan, Nepal, dan Bangladesh, saat India berada di bawah kekuasaan Raja Ashoka ribuan tahun lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA