Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Jangkrik Merah Serang Wilayah Elko County di Nevada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Juni 2023, 15:28 WIB
Ribuan Jangkrik Merah Serang Wilayah Elko County di Nevada
Jangkrik Mormon memenuhi jakan raya di Elko County di Nevada, Amerika Serikat/Net
rmol news logo Penduduk di wilayah Elko County di Nevada, Amerika Serikat dihebohkan oleh serangan ribuan Jangkrik Mormon berukuran besar.

Serangan terjadi setelah puluhan ribu telur jangkrik yang terkubur beberapa sentimeter di dalam tanah mulai menetas pada akhir Mei dan awal Juni.

"Selama berminggu-minggu, serangga merah itu telah menyerang bagian utara Nevada dan menyebabkan kekacauan," kata ahli entomologi negara bagian itu, Jeff Knight, seperti dikutip dari Associated Press, Rabu (21/6).

Jangkrik Mormon bukanlah jangkrik biasa. Knight menyebutnya sebagai tonggeret yang memiliki perisai. "Mereka tidak bisa terbang tetapi bepergian secara berkelompok," ujarnya.

Serangga merah besar itu meninggalkan bau yang sangat menyengat, mirip dengan daging yang terbakar, sehingga memaksa penduduk untuk menutup hidung saat mengemudi.

Banyak dari hewan-hewan itu bahkan menempel pada ban serta bagian bawah sepatu, dan bangkai mereka ada di mana-mana.

Penduduk dan pekerja sibuk membersihkan dengan sapu, penyedot debu, atau bajak salju untuk membasmi jangkrik-jangkrik itu.

Pejabat negara bagian juga telah memasang tanda di seluruh Elko County, memperingatkan pengemudi agar berhati-hati dengan jalan raya yang licin, tempat nongkrong populer bagi serangga yang tidak akan berpikir dua kali untuk memakan teman mereka yang sudah mati.

Satu rumah sakit di wilayah tersebut bahkan mempekerjakan empat karyawan paruh waktu sementara yang tugas utamanya adalah membersihkan area dari jangkrik agar pasien dapat memasuki gedung. Kelompok itu menamakan dirinya Cricket Patrol.

Seorang penduduk lokal bernama Dana Dolan mengisahkan pengalamannya menemukan kawanan jangkrik merah ketika sedang mengemudi melalui kampung halamannya saat melihat tanah di sekitar bentangan Interstate 80 Elko tampak seperti berlumuran darah.

Saat warna merah bergeser dan bergerak, dia baru menyadari bahwa itu adalah jangkrik.

"Ini hampir seperti wabah. Saat mereka bergerak, terdengar seperti hujan," ujarnya.

Wabah jangkrik Mormon, yang berasal dari Great Basin dan intermountain West, telah dicatat sepanjang sejarah di seluruh Barat – dari Nevada dan Montana hingga Idaho, Utah, dan Oregon.

Menurut legenda, serangga itu mendapatkan namanya ketika mereka merusak tanaman yang ditanam oleh pemukim Mormon yang pindah ke lembah Salt Lake di Utah.

Penduduk di wilayah Elko County harus bersabar lebih lama, sebab jangkrik Mormon tidak akan pindah setidaknya sampai pertengahan Agustus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA