Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rencana Kunjungan Blinken ke Beijing jadi Sorotan, Pengamat: Mau Perbaiki Hubungan atau Mau Menekan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Juni 2023, 09:37 WIB
Rencana Kunjungan Blinken ke Beijing jadi Sorotan, Pengamat: Mau Perbaiki Hubungan atau Mau Menekan?
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah sempat tertunda karena insiden balon mata-mata, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken direncanakan untuk mengunjungi China selama dua hari dan akan dimulai Minggu (18/6) mendatang.

Tak lama setelah Kementerian Luar Negeri China menginformasikan kunjungan tersebut, Penasihat Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Qin Gang langsung melakukan panggilan telepon dengan Blinken atas permintaan AS.

Selama panggilan telepon, Qin dilaporkan menguraikan sikap tegas China pada masalah inti seperti persoalan Taiwan, menekankan bahwa AS harus menghormatinya, berhenti mencampuri urusan dalam negeri China, dan berhenti merusak keamanan berdaulat China dan kepentingan pembangunan atas nama persaingan.

Beberapa pengamat China percaya panggilan telepon tersebut berfungsi sebagai pengingat bagi pihak AS bahwa jika diplomat senior Washington datang ke China tanpa ketulusan atau terus menekan China untuk mencapai tujuan Washington sendiri, kunjungan itu tidak ada artinya.

Direktur Pusat Studi Amerika di Universitas Fudan, Wu Xinbo, mengatakan, kunjungan Blinken telah direncanakan tetapi kemudian tertunda untuk waktu yang lama karena beberapa hal, salah satunya karena pemerintahan Biden pertama-tama berfokus pada penyatuan sekutunya dan mengambil sikap Perang Dingin melawan China.  

"Tetapi sekarang AS menunjukkan keinginannya untuk memungkinkan kunjungan ini. Itu untuk meluncurkan kembali pertemuan tingkat tinggi AS-China, keterlibatan untuk fase selanjutnya," kata Wu Xinbo, seperti dikutip dari Global Times, Kamis (15/6).

"Kedua belah pihak diharapkan untuk bertukar pandangan tentang beberapa perbedaan dan dapat mencapai beberapa konsensus tentang kerja sama, misalnya, dalam pertukaran orang-ke-orang," kata Wu.

Selama panggilan telepon, Qin sekali lagi menunjukkan akar penyebab dari kesulitan yang dialami hubungan AS-Tiongkok saat ini dan cara untuk menyelesaikan masalah ini.

"Itu tergantung pada apakah pihak AS akan memperbaiki kesalahan dan gagasan salahnya dalam menangani hubungan bilateral," Li Haidong, seorang profesor di Universitas Urusan Luar Negeri China.

"Kunjungan Blinken yang akan datang tidak diragukan lagi akan membantu kedua belah pihak untuk memahami secara mendalam niat dan kebijakan satu sama lain untuk menghindari salah penilaian," kata Li.

Selama kunjungan, diplomat AS kemungkinan akan membahas berbagai topik dimana kedua belah pihak dapat terlibat dalam dialog atau kemungkinan kolaborasi.

"Namun, kita harus jelas bahwa esensi persaingan strategis habis-habisan AS dengan China tidak mungkin berubah," kata Li.

Pihak AS telah mengirimkan sinyal keinginannya untuk memperbaiki hubungan bilateral dalam beberapa hari terakhir.

Misalnya, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan selama sidang komisi DPR pada hari Selasa bahwa adalah kepentingan terbaik AS untuk mempertahankan hubungan dengan China, dengan mengatakan bahwa "akan menjadi bencana bagi kami untuk mencoba memisahkan diri dari China."

Meskipun muncul sinyal pencairan hubungan bilateral, AS telah terlibat dalam serangkaian tindakan yang tidak kondusif untuk menciptakan suasana positif bagi kemungkinan pertemuan tingkat tinggi, kata para ahli.

"Panggilan telepon berfungsi sebagai pengingat bagi pihak AS: kami tidak akan menolak permintaan kunjungannya, tetapi itu harus dilakukan hanya jika dibuat dengan ketulusan dan niat yang benar untuk meningkatkan hubungan bilateral," kata Li.

Namun, beberapa ahli meragukan ketulusan Washington, karena mungkin berharap untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan China hanya untuk meyakinkan sekutunya atau menekan China untuk mencapai tujuannya sendiri.

"Sampai batas tertentu, kami memainkan kartu pertama, untuk memastikan apa yang akan kami bicarakan. Kunjungan itu tidak akan ada artinya kecuali pihak AS mengikuti prinsip-prinsip yang disebutkan dalam pembicaraan," kata Li. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA