Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Tingkatkan Kemampuan Deteksi Objek di Ruang Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 20:18 WIB
Rusia Tingkatkan Kemampuan Deteksi Objek di Ruang Angkasa
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu saat mengunjungi fasilitas baru sistem kendali ruang angkasa/Net
rmol news logo Pemerintah Rusia berhasil meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam melacak objek di ruang angkasa. Hal tersebut diumumkan pada Rabu (14/6).

Peningkatan kemampuannya itu memungkinkan mereka untuk mendeteksi pesawat ruang angkasa asing dan menentukan tujuannya dengan jauh lebih cepat dan efisien.

Menurut keterangan yang disampaikan  Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, telah menerima pengarahan dari Kolonel Jenderal Alexander Golovko, komandan pasukan angkasa Rusia, terkait kemampuan pertahanannya selama kunjungan ke fasilitas baru di distrik militer barat Rusia.

"Shoigu diberi tahu bahwa fasilitas baru tersebut memiliki kemampuan unik untuk mencari, mendeteksi, dan mengontrol secara otomatis objek ruang angkasa kecil di sekitar Bumi," kata Kementerian Pertahanan.

Selain itu fasilitas tersebut lebih lanjut juga dikatakan dapat melacak objek dengan ukuran sekecil 10 cm (4 inci).

Berdasarkan laporan yang dimuat Reuters, pada tahun 2027 mendatang fasilitas itu diharapkan dapat mendeteksi pesawat ruang angkasa dengan empat kali lebih cepat dari sebelumnya, serta menentukan tujuan pesawat tersebut dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Rusia sering kali bangga dengan perkembangan teknologi militer mereka yang dianggap tak tertandingi oleh negara-negara lain. Ini terjadi meskipun adanya perang yang sedang berlangsung di Ukraina, di mana negara itu sedang menghadapi perlawanan sengit dari Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA