Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Serikat Segera Kembali Bergabung dengan UNESCO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Juni 2023, 07:08 WIB
Amerika Serikat Segera Kembali Bergabung dengan UNESCO
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah hampir lima tahun melepaskan diri, Amerika Serikat akan kembali bergabung dengan badan budaya PBB UNESCO pada Juli mendatang. Rencana itu disampaikan Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay dalam sebuah pernyataan pada Senin (12/6) waktu setempat.

AS menarik diri dari badan budaya PBB di bawah mantan presiden Donald Trump pada Januari 2019 atas tuduhan bias anti-Israel.

"Ini adalah tindakan yang menunjukkan kepercayaan yang kuat pada Unesco dan multilateralisme," kata Azoulay, seperti dikutip dari AFP.

Azoulay telah menghabiskan bertahun-tahun bekerja dengan diplomat Yordania, Palestina, dan Israel, untuk membahas topik-topik sensitif.

Dia mengatakan kepada Associated Press bahwa kembalinya AS ke Unesco adalah hasil kerja bertahun-tahun untuk menenangkan ketegangan, terutama di Timur Tengah.

Pemerintahan mantan presiden Barack Obama memotong dana untuk UNESCO pada 2011 setelah Palestina bergabung dengan badan tersebut. Undang-undang AS melarang pendanaan lembaga apa pun yang mengakui kenegaraan Palestina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA