Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol Gali dan Pindahkan 128 Makam Korban Perang Saudara 1936-1939

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 12 Juni 2023, 10:30 WIB
Spanyol Gali dan Pindahkan 128 Makam Korban Perang Saudara 1936-1939
Situs Valley of Cuelgamuros, yang sebelumnya dikenal sebagai Valley of the Fallen, di San Lorenzo de El Escorial, dekat Madrid/Net
rmol news logo Penggalian terhadap 128 makam korban perang saudara Spanyol tahun 1936-1939 telah dimulai pada Senin (12/6).

Menurut surat kabar El Pais, jenazah akan dikeluarkan dari kuburan mereka di situs Valley of Cuelgamuros, yang sebelumnya dikenal sebagai Valley of the Fallen di San Lorenzo de El Escorial, dekat Madrid.

Ilmuwan forensik dikerahkan untuk melakukan proses ekshumasi atau pembongkaran kubur dan pemeriksaan mayat yang dilakukan atas arahan pihak berwenang untuk keadilan.

"Mereka telah memasang laboratorium di dalam situs pemakaman yang luas, sebelum pekerjaan penggalian dimulai," ungkap laporan tersebut.

Terdapat sekitar 34.000 jenazah yang dimakamkan di situs Cuelgamuros. Kebanyakan dari mereka merupakan  korban diktator Francisco Franco, dimakamkan secara anonim.

Kerabat dari para korban telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menguburkan orang yang mereka cintai dengan nama mereka sendiri di dekat keluarga mereka.

Purificacion Lapena telah lama menuntut agar jenazah kakeknya Manuel Lapena dan saudaranya Antonio, seorang pandai besi bisa dipindahkan dari situs pemakaman tersebut.

"Saya belum diberi tahu apa-apa tentang ini. Pada 2016, pengadilan menyetujui tuntutan saya, tetapi tujuh tahun kemudian keluarga masih menunggu," ungkap Lapena, seperti dimuat Reuters.

Pada April lalu, jenazah pendiri gerakan Falange fasis Spanyol yang mendukung rezim Francois, Jose Antonio Primo de Rivera digali dari situs makam.

Penggalian itu dilakukan setelah pemindahan sisa-sisa rezim Franco pada 2019 lalu.

Itu merupakan bagian dari rencana untuk mengubah kompleks pemakaman yang dibangun oleh Franco di gunung dekat ibu kota menjadi tugu peringatan bagi 500.000 orang yang terbunuh selama perang saudara Spanyol 1936-39.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA