Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Kedubes Ditangguhkan Islandia, Rusia Geram Janjikan Balasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 11 Juni 2023, 09:15 WIB
Operasi Kedubes Ditangguhkan Islandia, Rusia Geram Janjikan Balasan
Presiden Rusia, Vladimir Putin/Net
rmol news logo Merespons penangguhan operasi kedutaannya di Islandia, Rusia geram dan mengaku tidak akan diam melihat keputusan tidak bersahabat tersebut.

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia pada Sabtu (10/6), kebijakan Islandia untuk menutup sementara perwakilan diplomatik Moskow hanya akan menghancurkan kerja sama bilateral yang telah terbangun selama ini.

"Penurunan hubungan diplomatik Islandia hanya akan menghancurkan seluruh kerja sama Rusia-Islandia,” kata Kemlu Rusia, seperti dimuat Al Arabiya.

Dalam pernyataan itu, Rusia juga menekankan akan mengambil sikap tegas dan tidak ramah terhadap hubungan diplomatik dengan Islandia di masa depan.

"Semua tindakan anti-Rusia Reykjavik pasti akan diikuti oleh reaksi yang sesuai,” tambahnya.

Pada Jumat (9/6), Islandia mengumumkan rencananya untuk menghentikan sementara operasi kantor diplomatik Moskow pada Agustus mendatang.

Alasan penangguhan tersebut berkaitan dengan penurunan hubungan ekonomi, budaya, dan politik yang mencapai titik terendah sepanjang masa.

Saat mengumumkan keputusannya, Islandia mengaku belum memutus penuh hubungan diplomatik kedua negara. Kedutaan akan kembali dibuka jika hubungan mulai normal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA