Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ubah Perspektif Rakyat, Patung Mantan Walikota Wina Akan Dimiringkan 3,5 Derajat ke Kanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 01:41 WIB
Ubah Perspektif Rakyat, Patung Mantan Walikota Wina Akan Dimiringkan 3,5 Derajat ke Kanan
Patung mantan Walikota Wina, Karl Lueger/Net
rmol news logo Patung mantan Walikota Wina, Karl Lueger, akan dimiringkan 3,5 derajat ke kanan. Hal ini dilakukan Pemerintah Kota Wina untuk mengubah perspektif masyarakat tentang sosok pemimpin kota yang antisemit atau kebencian terhadap kaum Yahudi.

Lueger menjabat sebagai Walikota Wina selama 13 tahun hingga kematiannya pada 1910. Ia dikenal dengan retorika antisemit yang konon menginspirasi Adolf Hitler, yang tinggal di Wina saat masih muda.

Dalam bukunya "Mein Kampf", Hitler menyebut dirinya secara terselubung mengagumi Lueger.

Patung Lueger yang terletak di alun-alun "Dr. Karl Lueger Platz" di pusat kota Wina kerap menjadi target vandalisme selama bertahun-tahun. Sebab, banyak warga yang ingin patung tersebut dirobohkan.

Karena itulah, seorang pegiat seni Wina, Klemens Wihlidal, memberikan jalan keluar agar patung bersejarah itu tidak dirobohkan. Klemens mengusulkan, patung cukup dimiringkan sedikit untuk mencerminkan perubahan makna.

"Saya ingin mengubah perspektif warga tentang patung tersebut, sehingga tidak lagi menjadi bulan-bulanan warga," ungkapnya, seperti dimuat The Jerusalem Post pada Rabu (7/6).

Pemerintah Wina setuju dengan usulan tersebut dan akan merealisasikannya pada 2024 mendatang.

Namun demikian, Ketua Komunitas Yahudi Wina, Oskar Deutsch menilai kebijakan pemiringan patung itu masih jauh dari kata cukup.

"Merobohkan patung sepenuhnya akan lebih tepat dan sejalan dengan budaya zikir yang tulus,” tegas Deutsch.

Senada dengan Deutch, Ketua Kongres Yahudi Eropa dan mantan Presiden Komunitas Yahudi Wina, Ariel Muzicant menyebut, pemiringan patung merupakan kebijakan yang setengah hari. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA