Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tabrakan Kereta di India, Lebih dari 200 Orang Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Juni 2023, 06:55 WIB
Tabrakan Kereta di India, Lebih dari 200 Orang Meninggal Dunia
Tim penyelamat bergegas membebaskan orang yang terjebak dalam kecelakaan kereta api di Odisha, India, Jumat 2 Juni 2023
rmol news logo India berduka setelah dua kereta bertabrakan di negara bagian Odisha timur pada Jumat malam (2/6) waktu setempat. Data terakhir menunjukkan 207 meninggal dunia dan 900 lainnya cedera.

BBC melaporkan Sabtu (3/6), peristiwa bermula saat satu kereta penumpang diperkirakan tergelincir sebelum ditabrak oleh yang lain di jalur yang berdekatan pada Jumat malam.

Indian Railways mengatakan dua kereta yang terlibat adalah Coromandel Express dan Howrah Superfast Express.

"Sejauh ini 207 jenazah telah ditemukan," kata Sudhanshu Sarangi, direktur jenderal pemadam kebakaran di Odisha.

Kepala sekretaris Odisha Pradeep Jena mengatakan lebih dari 200 ambulans dan seratusan dokter dikirim ke tempat kejadian di distrik Balasore.

"Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat lebih lanjut," kata Jena.

Tayangan televisi menunjukkan tim penyelamat berusaha menjangkau para penyintas yang terjebak di dalam gerbong yang hancur, dengan sejumlah mayat dibaringkan di bawah seprai putih di samping rel.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia tertekan dengan insiden itu dan pikirannya tertuju pada keluarga yang berduka.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung di lokasi kecelakaan dan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak," cuitnya di Twitter.

Menteri Dalam Negeri Amit Shah menyebut insiden itu "sangat menyiksa".

Seorang pria yang selamat mengatakan bahwa 10 sampai 15 orang menimpanya ketika kecelakaan itu terjadi.

"Saya terluka di tangan saya dan juga bagian belakang leher saya. Ketika saya keluar dari bogie kereta, saya melihat seseorang kehilangan tangan, seseorang kehilangan kaki, dan ada yang wajahnya rusak," kata korban yang selamat kepada Kantor Berita ANI India.

Dipercayai bahwa beberapa gerbong dari Shalimar-Chennai Coromandel Express tergelincir sekitar pukul 19:00 waktu setempat, dengan beberapa di antaranya berakhir di jalur yang berlawanan.

Kereta lain - Howrah Superfast Express yang melakukan perjalanan dari Yesvantpur ke Howrah - diperkirakan menabrak gerbong yang terbalik.

Beberapa penumpang yang selamat terlihat bergegas untuk membantu menyelamatkan mereka yang terjebak di reruntuhan. Perusahaan bus lokal juga membantu mengangkut penumpang yang terluka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA