Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Deteksi Nyamuk Pembawa Virus West Nile Mematikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 25 Mei 2023, 12:57 WIB
Israel Deteksi Nyamuk Pembawa Virus West Nile Mematikan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Nyamuk pembawa virus West Nile mematikan baru-baru ini telah terdeteksi di beberapa wilayah di Israel.

Kementerian Perlindungan Kesehatan dan Lingkungan Nasional melaporkan, penemuan tersebut berasal dari pengambilan sampel rutin di sekitar gurun Negev.

"Sebaran nyamuk-nyamuk itu ada di kota Yeruham dan dekat Desa Nitzana dan Sde Boker," jelas Kementerian dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Xinhua.

Perkembangbiakan nyamuk pembawa virus itu semakin banyak karena hujan lebat dan suhu tinggi setelah hujan. Oleh karenanya, Kementerian Israel akan melakukan pemantauan lebih jauh dan akan menggelar prosedur pemusnahan jika perlu.

Selain itu, warga diimbau untuk sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk mematikan tersebut. Sebab, menurut Kementerian, hingga kini belum ada vaksin untuk mencegah infeksi.

"Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk," tambahnya.

West Nile virus adalah virus dari keluarga Flaviviridae yang ditemukan di daerah tropis. Utamanya menginfeksi burung, tetapi juga pada manusia, kuda, dan beberapa mamalia lainnya.

Virus itu ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Gejala yang akan dirasakan berkisar dari sakit kepala, demam, kelelahan, nyeri sendi dan otot, konjungtivitis, ruam kulit, dan kadang-kadang mual dan diare.

Dalam beberapa kasus, virus itu mampu menginfeksi otak, menyebabkan kelumpuhan, kerusakan otak hingga kematian. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA