Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Boikot Pertemuan G20 di Kashmir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 20 Mei 2023, 18:22 WIB
China Boikot Pertemuan G20 di Kashmir
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin/Net
rmol news logo Senada dengan Pakistan, China memilih untuk tidak mengikuti pertemuan G20 yang akan digelar India di wilayah Jammu dan Kashmir yang disengketakan.

Melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin, China dengan tegas menolak keputusan Presidensi G20 India dan mengatakan tidak akan ambil bagian dalam pertemuan tersebut.

"China dengan tegas menentang mengadakan segala bentuk pertemuan G20 di wilayah yang disengketakan. Kami tidak akan menghadiri pertemuan seperti itu," ujarnya pada Jumat (19/5), seperti dimuat Bloomberg.

Jelang pertemuan puncak pimpinan KTT G20 September 2023, Presidensi India menggelar serangkaian pertemuan di seluruh negeri, termasuk di wilayah Srinagar, Jammu dan Kashmir.

Pemerintah India mengumumkan akan mengadakan pertemuan kelompok kerja pariwisata di daerah tersebut dari 22 hingga 24 Mei mendatang.

Menanggapi rencana tersebut, Pakistan menentang keras keputusan India karena memiliki klaim atas wilayah Jammu dan Kashmir.

Bahkan, awal pekan ini, Pakistan mengatakan tidak akan terlibat secara bilateral dengan India sampai pemerintahnya meninjau kembali keputusan untuk mencabut otonomi Kashmir. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA