Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantah Klaim Kilicdaroglu, Peskov: Tidak Mungkin Ada Campur Tangan Rusia dalam Pemilu Turkiye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 07:23 WIB
Bantah Klaim Kilicdaroglu, Peskov: Tidak Mungkin Ada Campur Tangan Rusia dalam Pemilu Turkiye
Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Pemerintah Rusia akhirnya buka suara menjawab tudingan calon presiden Turkiye, Kemal Kilicdaroglu, mengenai keterlibatan Moskow dalam pemilihan umum yang akan digelar Minggu (14/5) waktu setempat.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Jumat (12/5) bahwa semua yang disangkakan saingan utama presiden Recep Tayyip Erdogan itu adalah sebuah kekeliruan.

"Tidak mungkin ada campur tangan Rusia dalam pemilu Turki, dan mereka yang menyebarkan desas-desus seperti itu adalah pembohong," kata Peskov, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Sebelumnya Kilicdaroglu, Pemimpin Partai Rakyat Republik (CHP), pada Kamis (11/5) menuduh Rusia berada di balik konten video yang diduga mendiskreditkan calon presiden dalam pemilihan mendatang.

"Teman-teman Rusia yang terkasih, Anda berada di balik montase, konspirasi, konten palsu yang dalam, dan rekaman yang diekspos di negara ini kemarin," kata Kilicdaroglu di Twitter.

"Jika Anda ingin persahabatan kami berlanjut setelah 15 Mei, lepaskan tangan Anda dari Turki. Kami masih mendukung kerja sama dan persahabatan," lanjutnya.

Klaim Kilicdaroglu juga ikut dikritik Erdogan saat berpidato dalam sebuah acara di Istanbul.

"(Kilicdaroglu berkata) bahwa Rusia memanipulasi pemilu di Turkiye. Anda memalukan!" kata Erdogan.

"Jika saya mengatakan 'Amerika memanipulasi pemilu di Turkiye, Jerman memanipulasinya, Prancis memanipulasinya, Inggris memanipulasinya', apa yang akan Anda (Kilicdaroglu) katakan?" kecam Erdogan.

Turkiye akan menggelar pemilihan presiden dan parlemen secara serentak pada 14 Mei 2023.

Pemilih akan memilih antara tiga calon, yaitu Recep Tayip Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, serta Sinan Ogan dari Aliansi ATA.

Sementara itu Muharrem Ince, calon presiden lainnya, mengundurkan diri dari pencalonan pada Kamis, karena marah atas fitnah yang disebarkan yang menyertakan rekaman video seks “palsu” yang beredar di media sosial. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA