Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Rusia Terlihat di Perairan Irlandia, Uni Eropa dan Inggris Khawatir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 09 Mei 2023, 17:29 WIB
Kapal Rusia Terlihat di Perairan Irlandia, Uni Eropa dan Inggris Khawatir
Kapal perang Rusia, Admiral Grigorovich/Net
rmol news logo Keberadaan kapal-kapal Rusia yang terdeteksi di perairan Irlandia, membuat Inggris dan Uni Eropa semakin khawatir akan keamanan jaringan bawah laut mereka.

Mengutip The Jerusalem Post pada Selasa (9/5), dilaporkan terdapat empat kapal Rusia yang terlihat  berlayar di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Irlandia.

"Di antara kapal yang terlihat adalah kapal perang Rusia, Admiral Grigorovich yang dikenal sebagai fregat di antara beberapa kapal yang melintas di lepas pantai Irlandia," bunyi laporan tersebut.

Angkatan Laut Irlandia mengambil foto kapal lain, sebuah kapal tanker bernama Kama, yang dilaporkan sedang mengisi bahan bakar kapal fregat Rusia.

Menurut media lokal, kehadiran kapal itu menimbulkan ancaman terhadap Irlandia secara langsung karena posisinya terlihat di dekat kabel bawah laut.

Jika jaringan serat optik itu disabotase, maka kerusakan signifikan dapat terjadi pada lalu lintas internet atau aspek masalah pribadi, nasional, internasional, atau komersial Irlandia.

Sepanjang April lalu, Angkatan Laut Irlandia juga mendeteksi tiga kapal Rusia di dekat garis pantai Kerry dan Galway.

Meski sudah kembali ke perairan Rusia, kapal-kapal mencurigakan itu telah membuat Inggris dan Uni Eropa menjadi semakin waspada.

Kementerian Pertahanan Inggris meningkatkan patroli kehadiran Angkatan Laut Kerajaan setelah insiden Nord Stream dan  menginvestasikan 65 juta poundsterling atau Rp 1,2 triliun untuk kapal pertama dari dua kapal Multi-Role Ocean Surveillance yang dimiliki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA