Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Malaysia Izinkan Siswa Tak Pakai Seragam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Mei 2023, 12:21 WIB
Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Malaysia Izinkan Siswa Tak Pakai Seragam
Ilustrasi/Net
rmol news logo Cuaca panas ekstrem yang melanda membuat pemerintah Malaysia mengizinkan siswa dan guru di semua sekolah negeri untuk tidak mengenakan seragam. Alih-alih mereka dapat mengenakan pakaian santai dan olahraga agar lebih nyaman di cuaca panas.

Kementerian Pendidikan mengatakan pihaknya selalu memprioritaskan kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan para siswa, guru, dan staf selama musim panas dan kekeringan ini.

"Cuaca panas seperti ini bisa memicu gelombang panas berbahaya yang mengganggu kesehatan. Kementerian telah setuju untuk memberi izin khusus kepada siswa, guru, dan staf di semua lembaga pendidikan di bawah kementerian untuk mengenakan pakaian yang layak demi menghindari komplikasi kesehatan," begitu pengumuman kementerian, seperti dikutip The Straits Times, Jumat (5/5).

Sementara bagi siswa yang tetap ingin mengenakan seragam sekolah, maka tidak diwajibkan untuk memakai dasi.

Lebih lanjut, kementerian juga menginstruksikan agar pihak sekolah terus memantau kondisi cuaca dan mengambil tindakan segera demi memastikan kesejahteraan semua.

Adapun berdasarkan aturan pemerintah pada 28 April 2023, sekolah baru bisa ditutup jika cuaca panas berada pada level dua dengan suhu di atas 37 derajat Celcius selama tiga hari berturut-turut.

Institusi pendidikan, termasuk sekolah, juga diperbolehkan tutup jika Departemen Meteorologi Malaysia mengumumkan adanya gelombang panas di wilayah mereka. Sekolah di bawah kementerian juga telah diperintahkan untuk menghentikan kegiatan di luar ruangan yang melibatkan siswa, guru, dan dosen.

Ini termasuk lari lintas alam, parade, kegiatan olahraga, permainan di luar ruangan, berkemah dan kegiatan pendidikan di luar kelas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA