Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Dendam, Rusia Usir Puluhan Diplomat Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 23 April 2023, 12:34 WIB
Balas Dendam, Rusia Usir Puluhan Diplomat Jerman
Kedutaan Besar Jerman di Rusia/Net
rmol news logo Rusia mengumumkan pengusiran lebih dari dua puluh diplomat Jerman, dalam upaya pembalasan terkait pemecatan massal staf kedutaan mereka di Berlin.

Hal itu diumumkan oleh jurubicara kementerian luar negeri, Maria Zakharova kepada televisi pemerintah Zvezda pada Sabtu (22/4).

"Lebih dari 20 diplomat Jerman harus pergi," katanya, seperti dimuat Al Jazeera.

Pernyataan tersebut muncul tidak lama setelah kementerian Rusia mengecam pemecatan massal yang lebih dulu dilakukan Jerman, dengan Moskow menuduh negara itu berupaya menghancurkan hubungan kedua negara.

“Sebagai tanggapan atas tindakan bermusuhan Berlin, pihak Rusia telah memutuskan untuk mengikuti keputusan tersebut dan mengusir diplomat Jerman dari Rusia,” jelas kementerian luar negeri.

Selain itu, Moskow juga akan membatasi jumlah maksimum karyawan dalam misi diplomatik Berlin di negaranya. Tindakan itu kemudian telah disampaikan kepada duta besar Jerman untuk Rusia, Geza Andreas von Geyr.

Menanggapi pengusiran tersebut, Kementerian Luar Negeri Jerman menyebut telah melakukan kontak dengan pihak Rusia mengenai masalah perwakilannya di masing-masing negara.

“Penerbangan hari ini adalah bagian dari proses itu,” ucapnya, tanpa secara khusus menyebutkan pengusiran diplomat di Rusia.

Hubungan kedua negara itu dikabarkan terus memburuk sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan operasi militernya di Ukraina, dan Berlin meningkatkan dukungannya berupa keuangan dan dukungan militer ke Kyiv.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA