Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Populasi India Diperkirakan Susul China Pada Pertengahan Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 19 April 2023, 20:52 WIB
Populasi India Diperkirakan Susul China Pada Pertengahan Tahun Ini
Ilustrasi/Net
rmol news logo India sedang dalam perjalanannya untuk menyusul China menjadi negara terpadat nomor satu di dunia, yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan tahun 2023 ini.

Data itu dirilis oleh badan PBB pada Rabu (19/4) dalam laporan Dana Kependudukan PBB (UNFPA).

“State of World Population Report, 2023 memperkirakan populasi India lebih besar sekitar 1.428,6 juta daripada China, dengan populasi sebanyak 1,4286 miliar untuk India, sementara China hanya mencatat 1,4257 miliar populasi,” kata laporan PBB, yang dimuat Reuters.

Sementara Amerika Serikat berada jauh dari populasi kedua negara tersebut, dengan total populasi sebanyak 340 juga. AS akan menduduki urutan ketiga dari jumlah populasi terbanyak di dunia.

Namun laporan tidak menentukan kapan perubahan populasi itu akan terjadi. Sebab menurut pejabat kependudukan PBB cukup sulit menentukan waktu, karena banyaknya ketidakpastian data.

Menurut badan PBB, data yang keluar dari India dan China, terakhir dilakukan sejak sensus pada tahun 2011 lalu, dan rencana sensus berikutnya pada tahun 2021 kemarin sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Sementara data terbaru yang dirilis tahun ini diambil dari informasi yang tersedia pada Februari 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA