Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Iran dan Arab Saudi, China Siap Damaikan Israel dan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 18 April 2023, 14:55 WIB
Setelah Iran dan Arab Saudi, China Siap Damaikan Israel dan Palestina
Menteri Luar Negeri China, Qin Gang/Net
rmol news logo Setelah resmi menjadi mediator untuk normalisasi hubungan Iran dan Arab Saudi, saat ini China mengatakan siap menjalani peran yang sama untuk mencapai kesepakatan damai antara Israel dan Palestina.

Dalam sebuah panggilan telepon dengan mitra China di Israel dan Palestina, Menteri Luar Negeri Qin Gang mengutarakan kesiapan Beijing untuk memfasilitasi penyelesaian konflik jika keduanya bersedia.

"Tiongkok mendorong Israel dan Palestina untuk menunjukkan keberanian politik dan mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan pembicaraan damai, dan Tiongkok siap untuk memfasilitasi ini,” kata Menlu Qin, seperti dikutip dari Al-Arabiya pada Selasa (18/4).

Saat menelepon Menlu Israel Eli Cohen, Qin menyatakan keprihatinan China atas ketegangan militer yang terjadi akhir-akhir ini, dan mendorong kedua pihak menahan diri serta menghindari penyataan atau tindakan yang provokatif.

"Kunci untuk menyelesaikan konflik adalah melanjutkan pembicaraan damai dan menerapkan solusi dua negara," ujarnya.

Qin kemudian merujuk peran China dalam normalisasi Iran-Arab untuk menggambarkan sejauh apa kesiapan mereka dalam membantu Israel dan Palestina mencapai perdamaian. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA