Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akui Memudarnya Kekuatan Amerika Serikat, Direktur CIA: Washington Bukan Anak Hebat Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 April 2023, 06:57 WIB
Akui Memudarnya Kekuatan Amerika Serikat, Direktur CIA: Washington Bukan Anak Hebat Lagi
Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) William Joseph Burns/Net
rmol news logo Pernyataan mengejutkan terkait kondisi Amerika yang saat ini melemah di dunia internasional disampaikan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA)
William Joseph Burns atau dikenal sebagai  Bill Burns.

Berbicara di Baker Institute awal pekan ini, Burns mengatakan peran global Amerika yang dominan tidak dapat lagi dijamin karena AS sedang menyaksikan masa perubahan yang terjadi beberapa kali dalam satu abad.

"Meskipun Washington masih memiliki tangan yang lebih baik untuk dimainkan daripada saingan kita, dia bukan lagi satu-satunya 'anak hebat' di blok geopolitik, dan posisi kita di atas meja tidak dijamin," kata Burns, seperti dikutip dari AFP, Kamis (13/3).

Kepala CIA menunjuk pada hubungan yang berkembang antara China dan Rusia, yang menurutnya akan menghadirkan "tantangan berat" bagi agensinya di tahun-tahun mendatang.

"Beijing tidak puas hanya duduk di meja, ia ingin mengatur meja, sementara Rusia berusaha untuk membalik meja sama sekali," begitu menurutnya.

Mengenai China, Burns bersikeras bahwa Beijing tetap menjadi prioritas jangka panjang terbesar CIA .

Dia mencatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, badan intelijen telah menggandakan sumber daya yang difokuskan di China, termasuk mempekerjakan dan melatih penutur bahasa Mandarin dan meningkatkan upaya untuk bersaing dengan Beijing di panggung dunia.

“Mengelola hubungan yang krusial dan semakin bermusuhan dengan China akan menjadi ujian paling signifikan bagi pembuat kebijakan Amerika selama beberapa dekade mendatang,” kata Burns, dengan alasan bahwa risiko konflik atas Taiwan akan terus meningkat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA