Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belarusia Butuh Jaminan Resmi dari Rusia terkait Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 April 2023, 08:10 WIB
Belarusia Butuh Jaminan Resmi dari Rusia terkait Keamanan
Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko/net
rmol news logo Jaminan resmi dari Rusia sangat dibutuhkan bagi Belarusia untuk memastikan keamanannya di tengah potensi perluasan perang Ukraina.

Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko mengajukan jaminan tersebut selama pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu di ibu kota Minsk pada Senin (10/4).

"Dalam kasus agresi terhadap Belarusia, Federasi Rusia akan melindungi Belarusia sebagai wilayahnya sendiri. Ini adalah (jaminan) keamanan yang kami butuhkan," kata Lukashenko, seperti dimuat US News.

Dalam pembicaraan dengan Sergei, Lukashenko meminta Rusia selalu siap untuk membela negaranya ketika diserang kekuatan asing.

Permintaan itu bukan yang pertama diajukan. Lukashenko mengaku telah membahas masalah tersebut bersama Presiden Rusia Vladimir Putin yang disebutnya telah setuju untuk memformalkan jaminan tersebut.

Sejak awal invasi Ukraina pada Februari tahun lalu, Belarusia telah mengizinkan Rusia menggunakan wilayahnya untuk melancarkan serangan yang akhirnya gagal di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Baru-baru ini, Belarusia juga mengaku bersedia menampung senjata nuklir Rusia yang akan ditempatkan di perbatasan dekat negara tetangga NATO. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA