Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Telepon, Menlu Iran dan Azerbaijan Bahas Ketegangan Dua Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 09 April 2023, 15:59 WIB
Lewat Telepon, Menlu Iran dan Azerbaijan Bahas Ketegangan Dua Negara
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian/Net
rmol news logo Di tengah ketegangan hubungan yang meningkat antara kedua negara, menteri luar negeri Iran dan Azerbaijan melakukan panggilan telepon pada Sabtu (8/4).

Menteri Luar Negeri Azerbaijan, Jeyhun Bayramov dan timpalannya, Hossein Amirabdollahian berdiskusi mengenai kesalahpahaman yang ada antara kedua negara.

“Selama percakapan telepon, diadakan diskusi terperinci mengenai ketidakpuasan dan kesalahpahaman yang ada antara kedua negara," kata Kementerian Luar Negeri Azerbaijan.

Mereka telah menekan Iran untuk menghormati kebijakan luar negerinya. Sementara itu, pihak Iran sendiri telah menyoroti cara untuk memecahkan masalah dan kesalahpahaman yang ada selama percakapan bersama.

Dalam panggilan telepon tersebut, kedua menlu menyatakan kesepakatan untuk melanjutkaan proyek bersama, serta saling menghormati integritas teritorial dan kedaulatan masing-masing negara.

Diskusi tersebut dilakukan setelah Azerbaijan mengusir empat pegawai kedutaan Iran di negaranya, karena dituduh merencanakan kudeta di negara tersebut.

Sejak Januari lalu, ketegangan kedua negara itu terus meningkat karena kelompok bersenjata menyerang kedutaan Azerbaijan di Teheran, yang mengakibatkan kematian seorang pejabat keamanan Azerbaijan dan menyebabkan dua lainnya luka-luka.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA