Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Desak Iran Bantu Akhiri Konflik di Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 05 April 2023, 23:08 WIB
AS Desak Iran Bantu Akhiri Konflik di Yaman
Pasukan Houthi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mendesak Iran untuk membantu mengakhiri konflik Yaman dengan mendukung proses perdamaian di negara tersebut.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh utusan khusus AS untuk Yaman, Timothy Lenderking, dengan meminta negara itu untuk menghentikan penyelundupan senjata ke milisi Houthi yang didukung Iran.

“Jika Iran ingin menunjukkan bahwa mereka benar-benar mengubah arah konflik, maka tidak akan lagi menyelundupkan senjata ke Houthi yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Lenderking.

Menyoroti dukungan Iran yang menginginkan diakhirinya konflik Yaman, utusan itu juga meminta Teheran membantu memberikan solusi politik untuk mengakhiri perang yang terjadi selama hampir satu dekade itu.

“Kami juga ingin melihat Iran menunjukkan dukungan untuk proses politik yang kami harapkan akan datang. Kami mendesak para pihak untuk memanfaatkan kesempatan ini, yang membutuhkan kompromi dari semua pihak,” tambahnya, seperti dimuat Al Arabiya, Rabu (5/4).

Yaman terus bergejolak dengan perang saudara yang telah berlangsung sejak 2014 itu dan merenggut ratusan ribu nyawa, yang telah membawa negara itu ke jurang krisisnya dan tercatat sebagai negara termiskin di Semenanjung Arab. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA