Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Desak Anggota Kongres AS Patuhi Prinsip yang telah Disepakati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 04 April 2023, 14:16 WIB
China Desak Anggota Kongres AS Patuhi Prinsip yang telah Disepakati
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning/Net
rmol news logo China memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk mematuhi prinsip Satu China dan tiga komunike bersama yang telah disepakati, untuk menghindari rusaknya hubungan kedua negara.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning, sebagai tanggapannya atas kemungkinan pertemuan antara Ketua DPR AS Kevin McCarthy dan pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen selama kunjungannya ke AS.

Juru bicara itu menentang pertemuan tersebut dan kembali menegaskan bahwa hanya ada satu China di dunia ini, dan Taiwan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari China.

"Seperti yang berulang kali ditekankan pihak China, kami sangat menentang segala bentuk interaksi resmi dan kontak antara pihak AS dan otoritas Taiwan," katanya, dimuat People, Selasa (4/4).

Menurut Mao, pertemuan tersebut akan berdampak pada rusaknya hubungan antara Beijing dan Washington. Untuk itu, ia menyerukan agar anggota Kongres AS tidak meremehkan prinsip yang telah disepakati.

"Anggota kongres AS yang relevan perlu mematuhi prinsip satu China dan tiga komunike bersama China-AS, dan menahan diri dari mengirim sinyal yang salah ke Taiwan, untuk menghindari rusaknya hubungan kedua negara, serta perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," tambahnya.

Dalam prinsip Satu China, negara yang memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Tiongkok tidak diperkenankan untuk membuka hubungannya dengan Taiwan, yang telah disepakati bersama.

Sementara tiga komunike bersama China-AS yang dibuat pada 1972, 1978, dan 1982 telah menyetujui Tiongkok sebagai satu-satunya pemerintahan yang sah di China, dan Taiwan hanya salah satu provinsi dari negara itu. Dalam tiga komunike bersama itu, kedua negara sepakat untuk memegang prinsip-prinsip itu.

"China akan mengambil langkah tegas untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA