Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Panas, Rusia akan Taruh Senjata Nuklir di Perbatasan Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 03 April 2023, 20:20 WIB
Makin Panas, Rusia akan Taruh Senjata Nuklir di Perbatasan Belarusia
Duta Besar Rusia untuk Belarusia, Boris Gryzlov/Net
rmol news logo Rencana penempatan nuklir Rusia di Belarusia semakin memantik kontroversi. Lantaran lokasinya akan berdekatan dengan perbatasan negara-negara anggota NATO.

Duta Besar Rusia untuk Belarusia, Boris Gryzlov mengatakan Moskow berencana memindahkan senjata nuklir di perbatasan Belarusia dengan negara-negara NATO.  

"Senjata-senjata itu akan dipindahkan ke perbatasan barat Belarusia untuk meningkatkan peluang dan memastikan keamanan," kata Gryzlov dalam siaran televisi pemerintah Minsk, yang dikutip The Jerusalem Post pada Senin (3/4).

Meski tidak memberi tahu lokasi secara spesifik, tetapi pernyataan Gryzlov mencerminkan ancaman tersendiri bagi negara-negara tetangga Belarusia, yang semuanya merupakan anggota NATO.

Belarusia berbatasan dengan Lituania dan Latvia di utara, serta Polandia di barat. Ketiga negara itu telah didukung dengan pasukan tambahan dan perlengkapan militer NATO, menyusul invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari lalu.

Proyek relokasi nuklir Rusia diperkirakan selesai pada 1 Juli mendatang, untuk kemudian ditempatkan di perbatasan Barat Belarusia.

Ukraina dan sekutu Barat khawatir tentang rencana Rusia mengirim senjata nuklir taktis ke Belarusia, yang dinilai akan membuat konflik semakin memanas.

Terlebih, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada Jumat (31/3), mengaku tak keberatan jika Rusia ingin menempatkan rudal nuklir antarbenua di sana juga jika diperlukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA