Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Besar Berkobar di Valencia Spanyol, 4.000 Hektar Hutan Hangus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 26 Maret 2023, 14:19 WIB
Kebakaran Besar Berkobar di Valencia Spanyol, 4.000 Hektar Hutan Hangus
Pesawat mencoba memadamkan api dalam kebakaran hutan yang terjadi di Valencia, Spanyol pada Jumat, 24 Maret 2023/Net
rmol news logo Kebakaran besar berkobar di wilayah timur Valencia, Spanyol. Api menghanguskan sekitar 4000 hektar hutan dan memaksa 1.500 penduduk mengungsi dari tempat tinggalnya.

Menurut pernyataan pihak berwenang pada Sabtu (25/3), lebih dari 700 petugas pemadam telah dikerahkan bersama 20 pesawat yang bekerja untuk memadamkan kebakaran besar pertama yang terjadi di Spanyol tahun ini.

"Kebakaran yang kita lihat ini, terutama di awal tahun ini, sekali lagi menjadi bukti darurat iklim yang dialami umat manusia, yang secara khusus memengaruhi dan merusak negara-negara seperti kita," kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam konferensi pers di Brussel.

Kebakaran pada Jumat (24/3) itu terjadi di tengah musim semi yang panas di negara itu, yang mulai berhasil dikendalikan sekitar Sabtu sore waktu setempat, karena angin sempat mempersulit petugas pemadam kebakaran.

Menanggapi bencana terbesarnya itu, Presiden Pemerintah Valencia,  Ximo Puig menyoroti kekeringan, perubahan iklim, dan depopulasi pedesaan yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran itu.

“Ini kebakaran hebat. Kita perlu memperbarui proses untuk mencegah kebakaran hutan,” katanya, seperti dimuat Anadolu Agency.

Saat ini polisi setempat tengah menyelidiki penyebab dari kebakaran tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA