Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

15 Atlet Perempuan Asal Assam India Catat Prestasi Kelas Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 10 Maret 2023, 14:10 WIB
15 Atlet Perempuan Asal Assam India Catat Prestasi Kelas Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, media asal Assam, India, Praditin Time mendedikasikan pekan ini untuk menyoroti atlet-atlet perempuan membanggakan.

Menurut media tersebut, sejak 2023 ini, banyak nama baru dari para atlet Assam yang telah menorehkan prestasi di berbagai bidang dalam kancah nasional dan internasional, sehingga wilayah Assam sendiri dapat dikenal dan dipandang oleh banyak masyarakat dunia.

Pratidin Time mencoba merangkum  15 nama atlet perempuan yang menjadi  kebanggaan Assam.

1. Lovlina Borgohain

Atlet bernama Lovlina Borgohain ini Lahir pada 2 Oktober 1997, dan berasal dari Golaghat di Assam. Ia menjadi pusat perhatian ketika berhasil mengantongi medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 dalam ajang Tinju putri.

Lovlina menjadi atlet wanita pertama yang mewakili Assam di Olimpiade, dan menjadi orang keenam dari Assam yang menerima penghargaan Arjuna dari Kementerian Urusan Pemuda dan Olahraga India.

2. Hima Das

Atlet ini dijuluki sebagai "Dhing Express" atas kecepatannya dalam berlari. Saat ini ia berhasil memegang rekor nasional dalam lari cepat 400 meter.

Hima Das lahir pada 9 Januari 2000 di Dhing Assam. Dia menjadi atlet India pertama yang mengantongi medali emas dalam acara lintasan di Kejuaraan Dunia U20 IAAF.

3. Nayanmoni Saikia

Nayanmoni Saikia, perempuan berusia 34 tahun ini berasal dari Golaghat, Assam. Ia menjadi terkenal dari Pertandingan Persemakmuran Birmingham 2022, dengan memenangkan medali emas dalam olahraga bowling rumput.

Nayanmoni sudah mewakili India dalam dua acara Persemakmuran sebelumnya. Pada tahun 2018, ia mengantongi medali perunggu, sedangkan pada ajang tahun 2014 di Delhi, ia berhasil meraih emas di ajang triple dan telah dianugerahi Penghargaan Arjuna pada tahun 2022 oleh pemerintah India.

4. Jintimani Kalita

Jintimani Kalita adalah salah satu nama terbaru yang dibicarakan, setelah pemain kriket asal Assam itu diboyong oleh Mumbai Indian untuk Liga Utama Kriket India (IPL) Wanita perdana tahun ini.

Banyak harapan yang ditujukan kepada atlet muda yang lahir pada tanggal 25 Desember 2003 ini untuk bisa mencapai prestasi barunya pada tahun ini.

5. Apurna Narzary

Baru-baru ini, Apurna Narzary yang memimpin tim Sepak Bola Wanita India meraih kemenangan 7-0 yang menakjubkan atas Singapura di Kualifikasi Piala Asia U-20 AFC di Vietnam.

Ia menorehkan sejarah tepat satu hari sebelum Hari Perempuan Internasional dirayakan seluruh dunia. Saat ini, atlet muda itu bergabung dengan Kerala Blasters FC di Liga Wanita.

6. Tayabun Nisha

Berbeda dengan atlet-atlet muda lain, Tayabun Nisha adalah seorang mantan atlet senior yang telah memecahkan rekor lempar cakram nasional pada tahun 1974. Rekor itu telah membawa Nisha mewakili negara dalam beberapa acara internasional.

Nisha merupakan seorang atlet wanita pertama dari Assam yang berhasil memenangkan medali di ajang nasional.

7. Ashmita Chaliha

Lahir pada 18 Oktober 1999, Ashmita Chaliha berasal dari Guwahati Assam. Atlet ini telah bermain bulu tangkis sejak usianya tujuh tahun dan telah mewakili negara di ajang internasional. Chaliha memenangkan medali emas di Pesta Olahraga Asia Selatan 2019 baik di nomor tunggal maupun beregu.

8. Jamuna Boro

Jamuna Boro adalah petinju profesional dari Assam dan mewakili negara di banyak acara internasional. Dia lahir pada 7 Mei 1997 di Assam's Sonitpur.

Jamuna Boro meraih medali perunggu di Kejuaraan Tinju Dunia Wanita AIBA 2019. Dia mengantongi medali emas di Turnamen Tinju Internasional Terbuka India ke-2 di Guwahati dan juga memenangkan medali emas di Turnamen Tinju Internasional Terbuka Piala Presiden ke-23, 2019 di Labuan Bajo, Indonesia.

9. Anjana Saikia

Anjana Saikia adalah pesepakbola wanita lain dari Assam. Dia lahir pada 18 November 1993 di Dibrugarh, Assam. Atlet perempuan ini pernah menjadi anggota tim Nasional Wanita India dan bermain sebagai kiper untuk Gokulam Kerala FC.

10. Monalisa Baruah Mehta

Bintang lain dari sejarah Assam yaitu Monalisa Baruah Mehta. Ia adalah mantan pemain tenis meja terkenal dan tokoh olahraga terkemuka di negara bagian itu. Pada tahun 1987, Monalisa mendapatkan penghargaan Arjuna Award dari pemerintah India.

11. Monikha Das

Monikha Das, atlet berusia 31 tahun ini adalah bagian dari tim kriket wanita Assam dan telah mewakili negara bagian dalam beberapa acara nasional. Das tampil bersama rekannya, Jintimani Kalita dalam tim untuk bermain di turnamen ODI Wanita Senior BCCI.

12. Rodali Barua

Rodali Barua adalah atlet Taekwondo dari Tezpur, Assam. Ia merupakan juara sabuk hitam terkemuka dan menjadi terkenal setelah mengantongi medali perunggu di Pesta Olahraga Nasional.

Rodali Barua juga berhasil meraih medali emas pada ajang Taekwondo di Visakhapatnam, India.

13. Uma Chetry

Umma Chetry merupakan salah satu atlet kriket dari Assam. Ia juga tampil bersama Jintimani Kalita di seleksi untuk perdana Liga Utama Wanita. Namun, dia belum berhasil dalam seleksi.

14. Anu Chutia

Anu Chutia dari Jorhat Assam, atlet pesepeda ini memenangkan Medali Emas dalam acara Sprint Beregu Junior Putri di Track Asia Cup 2015-Kejuaraan Bersepeda di New Delhi. Ana juga memenangkan Medali Perak lainnya di acara Time Trial 500 meter Putri Junior.

15. Popy Hazarika

Popy Hazarika dari Assam mengantongi emas dalam angkat besi di Khelo India Women's Games 2022. Dia kemudian mengantongi satu-satunya medali Assam di Pertandingan Nasional yang diselenggarakan di Gujarat. Atlet berusia 24 tahun ini memenangkan medali perak di kategori 59 kilogram putri.

Sementara dalam Pertandingan Olimpiade Timur Laut 2022 yang diselenggarakan di Shillong, tim dari Assam tercatat memenangkan lima medali emas dari total 13 medali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA