Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagi Uni Eropa, Maroko adalah Pilar Stabilitas Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 Maret 2023, 09:04 WIB
Bagi Uni Eropa, Maroko adalah Pilar Stabilitas Kawasan
Bendera Uni Eropa dan Maroko/Net
rmol news logo Kemitraan antara Maroko dan Uni Eropa sangat penting untuk dijaga. Lantaran bagi blok tersebut, Maroko merupakan negara unggulan dan pilar stabilitas untuk kawasan.

Begitu yang dikatakan oleh Komisioner Eropa untuk Lingkungan, Oliver Varhelyi dalam konferensi pers usai melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita di Rabat pada Kamis (2/3).

Varhelyi mengatakan, tidak mudah untuk menemukan mitra yang stabil seperti Maroko.

"Dengan semua komitmen kami, kami benar-benar mengubah sifat dan kedalaman kerja sama kami," ujarnya, seperti keterangan yang diterima redaksi pada Senin (6/3).

Kunjungan Varhelyi ke Maroko ditujukan untuk menandatangani lima program kerja sama senilai 5,5 miliar dirham untuk proyek reformasi di kerajaan.

Menurut Varhelyi, Maroko menjadi penerima manfaat utama untuk program Uni Eropa tersebut di seluruh kawasan. Adapun dukungan keuangan ini mencakup aspek sosial, ekonomi, pertanian, air, dan energi.

"Kerajaan memiliki potensi untuk menjadi sumber energi tidak hanya untuk kawasan tetapi juga untuk Eropa. Pasar Eropa siap menerima energi dari Maroko," tambah Varhelyi.

Di samping itu, dia juga menekankan pentingnya bidang kerja sama lain antara Maroko dan Uni Eropa, termasuk migrasi dan perang melawan jaringan kriminal.

Tidak hanya itu, terkait dengan dimulai kembalinya hubungan dengan Israel, Varhelyi menyatakan kesediaan Uni Eropa untuk membangun kerja sama trilateral.

Selain bertemu dengan Bourita, Varhelyi juga menggelar pembicaraan dengan Kepala Pemerintahan. Keduanya membahas dinamika hubungan Maroko  dan Komisi Eropa selama tiga tahun terakhir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA